> Bagaimana Tips Aman Melihat Gerhana Matahari ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Mei 28, 2021

Bagaimana Tips Aman Melihat Gerhana Matahari ?



Hikmahdanhikmah.com – Fenomena gerhana matahari yang hanya bisa disaksikan di Indonesia ini membuat banyak orang untuk berusaha menyaksikan secara langsung. Namun menurut kesehatan, melihat gerhana secara langsung dengan menggunakan mata telanjang bisa berdampak serius bagi kesehatan mata.

Kita tahu bahwa sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari jika disaksikan secara langsung dan berlebihan dengan menggunakan mata telanjang akan merusak retina mata. Berikut tips aman yang bisa kita lakukan saat melihat gerhana matahari agar tidak merusak kesehatan mata :

- Usahakan melihat fenomena gerhana matahari tidak dengan menggunakan mata telanjang secara langsung.
- Sangat disarankan menggunakan jenis kacamata yang bisa menahan sinar ultraviolet sinar matahari yang mempunyai gelombang 100-400 nanometer.
- Yang perlu diketahui adalah jangan menggunakan kacamata hitam secara sembarangan. Hal ini dikarenakan belum tentu kacamata hitam bisa menekan sinar ultraviolet secara berlebihan.
- Kalau kita memaksa tetap menggunakan kacamata hitam secara sembarangan yang tidak bisa menyaring sinar ultraviolet, maka mata kita akan beresiko mengalami gangguan penglihatan.
- Jika anda ingin menyaksikan gerhana matahari dengan menggunakan kamera atau teleskop, maka para ahli menyarankan untuk menggunakan filter neutral density 5 (ND 5)
- Selain itu penggunaan negatif film untuk menyaksikan gerhana matahari sangat tidak disarankan.
- Jika anda ingin menyaksikan gerhana matahari dengan memanfaatkan pantulan air, maka sangat disarankan tetap menggunakan kacamata yang mempunyai kemampuan menyaring sinar ultraviolet.
- Sangat disarankan bagi anda yang menyaksikan gerhana matahari dari awal sampai selesai, maka sempatkan beberapa saat untuk jeda istirahat mata anda. Saat jeda maka usahakan untuk melihat hal lain yang membuat mata lebih rileks.


Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Mata Tidak Mudah Kering
Bagaimana Tips Aman Melihat Gerhana Matahari, bahaya menyaksikan gerhana matahari secara langsung, tips menyaksikan gerhana matahari secara aman

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar