Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kata-kata Hikmah Syekh Abu Madyan

Hikmahdanhikmah.com - KATA-KATA HIKMAH SYEKH ABU MADYAN: Salah seorang pembesar waliyullah yang berada di Afrika Utara, Syekh Abu Madyan At-Tilimsani RH, lahir di Andalusia dan besar di Maroko. Pada tahun 594 H, ia wafat di Tilimsan dan dimakamkan di sana. Abu Madyan RH adalah seorang ahli tasawuf, arif, zuhud, dan kemasyhurannya telah menyebar dari Andalusia ke Afrika Utara hingga ke Yaman. Ia telah membina dan mendidik banyak ahli hikmah. Beberapa kata hikmahnya adalah sebagai berikut.

Sumber gambar ; ashakimppa.blogspot.com


Allah SWT mengetahui niat dan perbuatan yang dilakukan semua orang, baik yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. Barang siapa hatinya condong kepada kebenaran dan berusaha untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT, niscaya Allah SWT akan menjaganya dari masalah, kesulitan, dan bahaya fitnah.

Saudaraku, umurmu hanya ibarat satu tarikan napas. Berusahalah untuk menjadikan napasmu itu bermanfaat bagimu. Jika kamu tidak bisa melakukannya, setidaknya jangan kamu jadikan napasmu itu berbahaya bagimu.

Pada apa hati seseorang condong, dengan hal itulah ia akan sibuk. Ketika condong terhadap sesuatu, hati akan tertutup untuk yang lain.

Saudaraku, janganlah kamu cenderung kepada selain Allah SWT. Jika tidak, Allah SWT akan mengambil kelezatan bermunajat dan beribadah dari dirimu.

Ahli basirah adalah orang yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain dengan perkataan dan perbuatannya.

Barang siapa berusaha mengajak orang-orang ke dalam kebenaran sebelum ia sendiri mengerti kebenaran itu, berarti ia adalah orang yang keliru.

Orang yang dikuasai oleh nafsunya berarti ia belum dianggap sebagai orang yang merdeka dengan hakiki. Sebab, ia adalah budak hawa nafsunya sendiri.

Orang yang hanya bergantung pada harapan tidak akan selamat dari kemalasan. Harapan yang semestinya adalah harapan yang disertai dengan semangat dan usaha.

Taslim (berserah diri) adalah melaksanakan semua perintah Allah SWT tanpa merasa takut terhadap sesuatu yang akan menimpa. Taslim adalah amalan hati yang paling mulia.

Allah SWT akan merahmati orang-orang yang bertawakal dan menyerahkan semua urusannya kepada-Nya.

Orang yang mendedikasikan kesibukannya hanya untuk dunia akan mendapatkan kehinaan.

Barang siapa tidak melihat kekurangan yang ada di dalam dirinya, keburukannya akan meningkat hari demi hari.

Orang yang bangga dengan sesuatu yang pasti akan berakhir adalah orang yang lalai.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Inilah Kata-kata Hikmah Syekh Abu Madyan"

banner 800x90