Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pahala Berpuasa di Bulan Syawal

Hikmahdanhikmah.com - PAHALA BERPUASA DI BULAN SYAWAL: Diriwayatkan dari  Ayyub Al-Anshari RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadan, lalu menambahkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seolah-olah telah berpuasa selama setahun penuh.” Sebab, Allah SWT telah mengabarkan bahwa Dia akan membalas satu kebaikan dengan sepuluh pahala. Oleh sebab itu, orang yang berpuasa selama satu hari di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala sepuluh hari berpuasa. 




Dengan demikian, puasa Ramadan setara dengan puasa selama sepuluh bulan dan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa selama dua bulan. Orang yang melaksanakan kedua puasa ini akan mendapatkan pahala berpuasa selama setahun penuh.

Puasa enam hari di bulan Syawal ini dapat dikerjakan secara berturut-turut atau pun tidak. Puasa ini sama halnya dengan shalat sunnah Rawatib. Sebagaimana Allah SWT akan menyempurnakan shalat fardhu hamba-hamba-Nya dengan shalat-shalat sunah yang mereka kerjakan, Dia juga akan menyempurnakan puasa Ramadan mereka dengan puasa sunah enam hari ini. 

Puasa enam hari ini juga merupakan dalil dikabulkannya puasa Ramadan orang yang mengerjakannya. Sebab, ketika Allah SWT menerima amal seorang hamba, Dia akan membantu hamba-Nya itu agar dapat melakukan amal shaleh lainnya setelah amal yang diterima itu.

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan sebab diampuninya dosa-dosa yang telah dikerjakan. Adapun puasa enam hari di bulan Syawal ini merupakan syukur atas ampunan tersebut.


LIMA NASIHAT YANG LEBIH BERHARGA DARIPADA SERIBU NASIHAT

Pada masa Kekhalifahan Umar bin Khattab RA, paman Rasulullah SAW yang bernama Abbas RA berkata kepada putranya yang bernama Abdullah RA, “Aku melihat orang yang mulia itu, yakni Umar bin Khattab RA, mempercayakanmu melebihi orang-orang tua dalam urusan negara. 

Oleh karena itu, dengarkan dan pahamilah dengan baik lima nasihat dariku ini,

  1. Janganlah kau menyebarkan rahasia Khalifah Umar RA,
  2. Janganlah kau menggunjing siapa pun ketika bersamanya,
  3. Janganlah sekali-kali kau berdusta kepadanya,
  4. Janganlah kau menentang perintahnya, dan
  5. Janganlah sekali-kali kau mengkhianatinya!”

Sya’bi RH berkata, “Sesungguhnya masing-masing dari kelima nasihat ini lebih berharga daripada seribu nasihat.”

Sumber artikel :Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Inilah Pahala Berpuasa di Bulan Syawal"

banner 800x90