Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Orang Dewasa Juga Memerlukan Imunisasi



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa orang dewasa juga memerlukan imunisasi. Anggapan sebagian besar orang imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit yang diberlakukan hanya pada anak-anak saja. Terlebih lagi bagi orang dewasa yang memiliki resiko tinggi, maka imunisasi sangatlah penting.
Menurut seorang president of National Foundation for Infectious Diseases yang bernama William Schaffner MD mengatakan, orang dewasa yang melakukan imunisasi memiliki manfaat yang sama besar seperti halnya anak kecil yang melakukan imunisasi. Selain itu tidak semua orang dewasa pada saat kecil pernah melakukan imunisasi.

Selain beberapa alasan diatas, orang dewasa penting melakukan imunisasi dikarenakan ada banyak vaksin yang baru ditemukan yang pada saat mereka kecil belum ditemukan. Contohnya adalah vaksin HPV dan MMR.

Disamping itu vaksin yang diberikan kepada tubuh manusia memiliki masa berlaku. Dengan artian bahwa vaksin memiliki jangka waktu efektivitas, sehingga jika suatu vaksin melebihi jangka waktu yang telah ditetapkan maka efektifitasnya akan menurun. Contohnya adalah vaksin tetanus yang memiliki jangka waktu efektif sekitar sepuluh tahun.

Pemberian vaksin pada orang dewasa biasanya diberikan berdasarkan kebutuhan, gaya hidup, faktor resiko dan mobilitas. Contohnya adalah bagi mereka yang hendak menjalankan ibadah haji maka dilakukan vaksinasi meningitis agar terhindar dari penyakit infeksi otak.

Ada beberapa vaksin yang sangat direkomendasikan bagi orang dewasa yang meliputi :

- Tetanus/ diphteria
Vaksin ini sangat dianjurkan dilakukan setiap sepuluh tahun sekali sesuai dengan masa berlakunya.

- Human Papilloma Virus (HPV)
Bagi seorang wanita dewasa sangat disarankan untuk melakukan imunisasi HPV. Vaksin ini sangat penting untuk mencegah seorang wanita terhadap resiko penyakit kanker serviks.

- Zoster
Bagi orang dewasa yang berusia 60 tahun ke atas, maka sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi Zoster. Vaksin ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit herpes zoster yang rentan terjadi saat usia tua.

- Hepatitis B
Vaksin hepatitis B adalah jenis vaksin yang sangat direkomendasikan oleh WHO untuk dilakukan ulang saat kita usia dewasa.

- Measles, Mumps, Rubella (MMR)
Manfaat melakukan vaksinasi MMR adalah mencegah resiko terkena penyakit Measles (campak), mumps (gondongan) dan rubella (campak jerman) yang rentan terjadi pada usia dewasa. Bagi anda yang merasa belum pernah mengalami penyakit tersebut, maka sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi MMR.

- Meningococcal
Jenis vaksin ini sering kita jumpai bagi para jamaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci. Hal ini sangat penting untuk mencegah penularan penyakit meningitis atau infeksi pada selaput otak yang sangat berbahaya. Umur dari vaksin ini bertahan selama tiga tahun.


Artikel Terkait : Beberapa Anggapan Yang Salah Tentang Vaksin
apakah orang dewasa juga penting melakukan vaksinasi, pentingnya imunisasi bagi orang dewasa, Ternyata Orang Dewasa Juga Memerlukan Imunisasi

Posting Komentar untuk "Ternyata Orang Dewasa Juga Memerlukan Imunisasi"

banner 800x90