Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permusuhan Beberapa Keluarga istri dan anak

Hikmahdanhikmah.com - PERMUSUHAN BEBERAPA KELUARGA (ISTRI DAN ANAK): Umat muslim Makkah ingin berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah untuk bergabung bersama Rasulullah SAW, tetapi anak dan istri mereka tidak mau melepaskan mereka. 



Akhirnya, ketika berangkat dan sampai ke hadapan Rasulullah SAW, lalu melihat orang-orang di sana telah menjadi ahli ilmu dan makrifat yang tinggi, mereka mulai memusuhi anak dan istri mereka akibat keterlambatan itu. Atas hal ini, Allah SWT menurunkan surat At-Taghabun ayat 14 (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istri dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu. Maka, berhati-hatilah kamu terhadap mereka. Jika kamu memaafkan, menyantuni, dan mengampuni (mereka), sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Elmalılı Hamdi Efendi menafsirkan ayat karimah ini sebagai berikut. Disadari atau tidak, sebagian istri dan anak kalian adalah semacam musuh bagi kalian. Di dunia ini ada begitu banyak istri bersama anak-anaknya yang melakukan permusuhan terhadap suami-suaminya, berkhianat terhadap hartanya, kesuciannya, kehormatannya, dan agamanya, serta menyeret suami-suaminya ke dalam neraka.


Mungkin juga sebagian besar mereka menjerumuskan keluarganya ke dalam banyak masalah dan kesedihan tanpa disadarinya dan tanpa bermaksud buruk. Dengan begitu, mereka pun menghalangi keluarganya dari berbagai macam amal kebaikan dan ibadah. Permusuhan ini bisa muncul dari seorang suami, istri, atau anak.

Maka dari itu, kesimpulan makna dari ayat karimah tersebut adalah sebagai berikut, “Wahai orang-orang yang beriman, akal dan keimanan kalian menghendaki agar kalian tidak melakukan permusuhan terhadap keluarga kalian. Akan tetapi, adanya beberapa di antara mereka yang memusuhi kalian dan menimbulkan banyak masalah untuk kalian itu adalah sebuah keniscayaan.

Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap keburukan mereka dan masalah-masalah yang dapat menimpa kalian. Maka, ketika memilih pasangan, janganlah kalian mencari keindahan luar dan hartanya, tetapi carilah wanita yang agama, adab, kesucian, dan akhlaknya baik.


Jika kalian memaafkan kekhilafan-kekhilafan mereka dalam urusan dunia (yang tidak berkaitan dengan hak orang lain) dan kesalahan-kesalahan agama yang mereka telah bertaubat darinya serta tidak mengungkit-ungkitnya dan bersikap pengertian kepada mereka, sungguh Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kalian dengan rahmat-Nya.”

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Permusuhan Beberapa Keluarga istri dan anak"

banner 800x90