Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Sering Memaksa Anak Agar Mau Makan Bisa Membuat Anak Trauma



Hikmahdanhikmah.com – Banyak para orang tua yang sering memaksa anaknya makan agar tidak menjadi kurang gizi. Ternyata kebiasaan ini kurang baik bagi mental anak. Menurut salah seorang psikolog mengatakan, saat anak sering mendapatkan paksaan makan dari orang tuanya, maka akan berdampak negatif pada mental anak. Sering orang tua melakukan hal ini karena dengan harapan anaknya tidak mengalami kekurangan gizi.

Jika anak sering kita paksakan untuk makan, maka akan membuat anak kita menjadi takut kepada orang tuanya. Disamping itu anak akan mempunyai persepsi yang negatif terhadap jenis makanan yang sehat. Hal ini bisa membuat anak menjadi trauma terhadap makanan tertentu.
Selain itu anak yang sering mendapatkan paksaan saat makan, maka akan mengurangi kemampuan anak dalam memilih sesuatu. Anak akan merasa terbiasa untuk disediakan dan harus memakananya.
Jika seorang anak sudah merasa trauma terhadap makanan tertentu, maka saat akan disuguhkan dengan jenis makanan lain maka anak akan cenderung untuk menolak makanan tersebut meskipun anak belum tahu rasanya.

Yang perlu diketahui oleh orang tua adalah memberikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi anak membutuhkan sebuah proses yang tidak mudah. Orang tua dituntut untuk pandai-pandai membujuk anak untuk mau makan bergizi tanpa ada unsur paksaan. Apalagi saat anak sudah mulai sekolah, maka di usia itu anak akan mempunyai sifat untuk terkadang menolak aturan orang tua.
Menurut para psikolog, sebaiknya para orang tua lebih mengedepankan kompromi kepada anak dari pada memaksanya untuk makan. Pandai-pandailah sebagai orang tua untuk bernegosiasi agar anak kita mau makan, buat aturan yang bisa disepakati bersama dengan anak. Selain itu orang tua juga dituntut untuk melakukan edukasi kepada anak tentang pentingnya nutrisi sehat.

Misalnya saja cara mengenalkan anak dengan makanan yang baru. Anda bisa membuat negosiasi kepada anak untuk melakukan satu gigitan saja, selanjutnya terserah anak untuk berhenti atau makan. Biasanya kalau rasanya enak, anak kita akan mau setelah mencoba mencicipinya.
Apabila saat ini anak anda sudah berusia 6-12 tahun, maka penting sekali orang tua memberikan pengetahuan kepada anak tentang manfaat berbagai macam jenis makanan bagi kesehatan. Dengan demikian perlahan anak akan sadar akan pentingnya makanan yang sehat dan bergizi.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Nasi

dampak negatif sering memaksa anak untuk makan, Kebiasaan Sering Memaksa Anak Agar Mau Makan Bisa Membuat Anak Trauma, pengaruh psikologis jika sering memaksa anak makan

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Sering Memaksa Anak Agar Mau Makan Bisa Membuat Anak Trauma"

banner 800x90