Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidur Adalah Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk




Hikmahdanhikmah.com – Dengan kesibukan orang sekarang ini maka sangat mungkin jika sering mengalami gangguan tidur yaitu kurang tidur. Akibatnya adalah sering seseorang mengalami rasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari. Tahukah kita bahwa tidur adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa ngantuk. Banyak orang yang salah dalam menyikapi rasa ngantuk yang datang pada siang hari yaitu dengan konsumsi kafein.

Yang memperparah hal ini adalah banyak diantara kita yang tidak sadar kalau kita mengantuk dikarenakan gangguan tidur yang kurang pada malam hari. Hal ini sesuai dengan ungkapan seorang dokter pakar kesehatan tidur yang bernama dr. Andreas Prasadja, RPSGT.
Ada banyak hal-hal yang bisa dikatakan lucu saat seseorang mengalami ngantuk yang berlebihan pada siang hari. Sering kali mereka melakukan kesalahan seperti lupa menaruh kunci, salah mengirim teks, lupa tempat parkir mobil dll. Ini merupakan salah satu tanda kalau kita mengantuk.
Bukan hanya itu saja yang akan terjadi saat kita ngantuk. Ada banyak penurunan fungsi yang diakibatkan karena ngantuk diantaranya kurang bisa berkonsentrasi, mudah marah, dan yang lebih parah lagi bisa menurunkan libido kita. Dengan melakukan tidur yang cukup, maka kemampuan otak kita akan terjaga dengan baik.

Jika kita mengkonsumsi kafein saat kita ngantuk, maka tidak akan bisa mengembalikan fungsi otak yang menurun akibat kurang tidur. Yang terbaik adalah dengan melakukan tidur.
Menurut seorang konsultan AP Snoring Sleep Disorder Clinic mengatakan memang benar saat kita merasa ngantuk kemudian konsumsi kafein akan bisa mengurangi rasa kantuk kita, namun untuk mengembalikan fungsi otak yang menurun akibat kurang tidur tidak akan bisa.

Ada banyak masalah kesehatan yang beresiko terjadi bagi mereka yang sering mengalami kurang tidur. Mulai dari terganggunya sistem metabolisme tubuh, penurunan daya tahan tubuh, peningkatan tekanan darah tinggi bahkan sampai resiko kanker. Untuk itu jika anda merasa ngantuk, maka langkah terbaik adalah melakukan tidur.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Mitos Yang Salah Tentang Tidur Siang
benarkah kafein bisa mengatasi rasa ngantuk, solusi terbaik saat kita mengalami kantuk, Tidur Adalah Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk

Posting Komentar untuk "Tidur Adalah Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk"

banner 800x90