> 3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 27, 2021

3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres




Hikmahdanhikmah.com – Berawal dari sebuah data yang disebutkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh majalah ternama di Amerika yang bernama New York Times, mengatakan bahwa ada sekitar 80 persen siswa yang duduk di bangku SMA mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Bahkan disebutkan 50 persennya sudah masuk dalam kategori depresi yang berat. Mengingat hal ini ada 3 cara menghindarkan anak dari stres yang bisa dilakukan. 

Menurut The Times, fenomena tingginya tingkat kecemasan anak seperti yang terjadi di Amerika hampir terjadi pula di setiap negara. Bahkan menurutnya hal ini bisa terjadi pada semua kelompok usia.

Menurut para peneliti, ada banyak faktor yang mempengaruhi seorang anak mengalami stres. Mulai dari faktor adanya tekanan sosial, pendidikan, ekonomi dan banyak lagi faktor yang lain. Untuk itu para peneliti menyarankan kepada para orang tua untuk lebih memperhatikan anak mereka karena resiko stres akan sangat mungkin dialami oleh anak kita.

Ada beberapa cara menghindarkan stres yang bisa dilakukan oleh oleh banyak orang tua. Hal ini sangat penting untuk bisa mengatasi stres pada anak sehingga anak nisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal dalam masalah fisik, mental dan pendidikan.

Kehidupan anak sebaiknya tidak hanya dipenuhi kegiatan akademik
Fenomena anak sekarang ini adalah banyaknya aktivitas akademik yang membuat seorang anak memiliki waktu yang sangat sedikit untuk bermain. Sering sekali kita menjumpai seorang anak yang sekolah pada pagi sampai siang hari, kemudian sore harinya harus ikut kursus sampai sore hari, malamnya harus belajar untuk mempersiapkan tugas sekolah esok hari. Rutinitas yang padat seperti ini akan membuat anak menjadi kurang kreatif dan berkembang. Hal ini akan membuat anak kelelahan dan memicu anak menjadi stres dan depresi.

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa pentingnya seorang anak untuk bisa bermain dengan bebas bersama teman-temannya akan mampu membuat anak lebih terampil dalam bersosialisasi serta mampu beradaptasi dengan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.
Bahkan dalam hasil penelitian menyebutkan bahwa seorang anak yang mendapatkan hubungan sosial yang kuat akan membuat seorang anak menjadi tangguh.

 Untuk itu persahabatan bagi seorang sangat penting untuk perkembangan mental anak.
Untuk itu sebagai orang tua dituntut untuk membantu para anak dalam mengatasi masalah akademik dengan tidak melupakan waktu bermain anak. Belajar dan bermain merupakan hal yang harus dijaga keseimbangannya.

Dorong kreativitas anak
Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa seorang anak yang mempunyai kreatifitas tinggi mampu meningkatkan ketangguhan anak. Misalnya saja seorang anak yang senang menggambar, bernyanyi maupun bermain seni peran. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar anak tidak mudah stres dan mampu meningkatkan kreatifitas anak.

Salah satu faktor yang bisa menurunkan tingkat kreatifitas anak adalah seringnya bermain gadget dan menonton televisi. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa sering menonton televisi dan bermain gadget pada anak akan menurunkan kreatifitas seorang anak.Batasi anak kita untuk bermain gadget dan menonton televisi secara berlebihan.

Menjadi contoh sehat bagi Anak
Salah satu cara terbaik selanjutnya untuk menghindarkan anak kita stres adalah dengan menjadi contoh yang sehat bagi anak. Perilaku orang tua yang tangguh dan bersifat jauh dari stres membuat seorang anak belajar banyak dari orang tuanya.

Adapun kebiasaan yang baik yang perlu dilakukan oleh seorang orang tua adalah dengan rajin berolahraga, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup serta menyempatkan waktu untuk bersenang-senang bersama anggota keluarga.

Selain itu orang tua juga harus mempunyai pola pikir yang positif tentang apa yang sedang dihadapi. Hal ini akan membuat orang tua tidak gampang stres sehingga bisa dicontoh 
Itulah 3 cara menghindarkan anak dari stres yang harus dilakukan oleh para orang tua agar memiliki anak yang tangguh secara fisik, mental dan akademik.

Artikel Terkait : Manfaat Sering Membacakan Buku Pada Anak Balita

3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres, apa yang menyebabkan anak mudah stres, bagaimana cara mendidik anak agar tidak mudah stres

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar