Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim yang tidak dapat pergi haji?

Hikmahdanhikmah.com - APA YANG HARUS DILAKUKAN OLEH SEORANG MUSLIM YANG TIDAK DAPAT PERGI HAJI?: Orang muslim yang tidak bisa berangkat haji dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah dua rakaat pada hari Arafah di antara waktu zuhur dan asar dengan mengharapkan ridha Allah SWT sambil merasa dirinya seakan-akan tengah berada di Padang Arafah.


Dalam setiap rakaatnya dibaca 1 kali surat Al-Fatihah, 3 kali surat Al-Kafirun, dan 10 kali surat Al-Ikhlas. Cara niat shalatnya adalah sebagai berikut, “Ya Rabbi, pada saat ini ribuan kaum muslim mengucapkan ‘Labbaik Allāhumma labbaik’ di Padang Arafah untuk berlindung kepada-Mu, tetapi hamba-Mu yang lemah ini tidak dapat berada di sana. 

Maka, jadikanlah jiwaku ini bersama jiwa mereka dan perlindungan bagiku juga bersama perlindungan-Mu bagi mereka. Masukkanlah pula aku ke dalam hamba-hamba-Mu yang Engkau beri ampunan di sana, Allāhu Akbar.”

Setelah selesai shalat, dianjurkan membaca:

• 70 kali istigfar

• 11 atau 70 kali kalimat tauhid “Lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīkalah lahul mulku walahul hamdu yuhyī wa yumītu wa huwa hayyun lā yamūtu biyadihil khaīr wa huwa ‘alā kulli syai’in qadīr.”

 • 3, 11, atau 70 kali takbir “Allāhu Akbar, Allāhu Akbar, Allāhu Akbar lā ilāha illallāhu wallāhu akbar Allāhu Akbar wa lillāhil hamd.”

 • 100 kali doa “Subhānalladzī fis-samā-i ‘arsyuhū, subhānalladzī fil ardhi sulthānuhū, subhānalladzī fil ardhi hukmuhū, subhānalladzī fil jannati rahmatuhū, subhānalladzī fil qabri qadhā-uhū, subhānalladzī fil qiyāmati ‘adluhū, subhānalladzī fil bahri sabīluhū, subhānalladzī rafa’as-samā-a, subhānalladzī basathal ardha, subhānalladzī lā malja’a wa lā manja’a minhu illā ilaīh.”

Baca juga : Hikmah Haji Berikut ini Firman Allah SWT kepada kita ingatlah baik baik

Kemudian, pada hari Arafah setelah zuhur dianjurkan untuk membaca doa yang dibaca oleh Nabi Khidir AS dan Nabi Ilyas AS ketika mereka bertemu di Padang Arafah. Jika memungkinkan, dianjurkan untuk membacanya sebanyak 100 kali. 

Doanya sebagai berikut, “Bismillāhi māsyā Allāhu lā yashrifus-sū’a illallāh, bismillāhi māsyā Allāhu lā yasūqul khaira illallāh, bismillāhi māsyā Allāhu lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīm.” Setelah itu, dilanjutkan dengan berdoa. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

Baca juga : Allah swt suka dimintai sesuatu

Sumber artikel ;  Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim yang tidak dapat pergi haji?"

banner 800x90