Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Haji Berikut ini Firman Allah SWT kepada kita ingatlah baik-baik

Hikmahdanhikmah.com - HIKMAH HAJI: Allah SWT berfirman kepada Nabi Adam AS, “Wahai Adam, dirikanlah untuk-Ku sebuah rumah di muka bumi yang sejajar dengan rumah-Ku di langit dan beribadahlah engkau beserta keturunanmu dengan melakukan tawaf di sekelilingnya sebagaimana para malaikat melakukan tawaf di Baitul Makmur.”



Kemudian, Nabi Adam AS pun pergi ke Makkah dan mendirikan Baitullah di sana. Lalu, beliau bermunajat kepada Allah SWT, “Ya Rabbi, setiap yang bekerja pasti akan mendapatkan balasan, tentunya untukku pun ada balasan.” Allah SWT berkata, “Iya, benar. Mintalah apa yang kau inginkan dari-Ku!”

Nabi Adam AS berkata, “Ya Rabbi, kembalikanlah aku ke surga.” Allah SWT berkata, “Bagimu, itu akan terjadi kelak (di akhirat).” Nabi Adam AS berkata, “Ya Rabbi, aku memohon agar Engkau juga mengampuni keturunanku yang melakukan tawaf di Ka’bah ini dan mengakui kesalahan-kesalahannya seraya memohon kepada-Mu, sebagaimana aku mengakui kesalahan-kesalahanku.” Allah SWT berkata, “Wahai Adam, Aku telah mengampunimu dan anak cucu keturunanmu yang berkunjung ke rumah-Ku ini dan bertaubat atas dosa-dosanya.”


Sejak banjir besar pada zaman Nabi Nuh AS sampai masa Nabi Ibrahim AS, lokasi Ka’bah hilang dan tidak jelas. Kemudian, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk membangunnya kembali dan menyeru manusia agar berhaji.

Nabi Ibrahim AS berkata, “Ya Rabbi, suaraku tidak akan sanggup mencapai seluruh manusia.” Allah SWT berfirman, “Serukanlah! Maka Aku akan memperdengarkannya.” Kemudian, Nabi Ibrahim AS berdiri di atas batu yang dinamakan Maqam Ibrahim dan melihat seluruh muka bumi, pegunungan, lembah, daratan, dan lautan, serta seluruh manusia dan jin berkumpul. Lalu, sambil menutup kedua telinganya dengan kedua jarinya, beliau menyeru ke arah timur, barat, utara, dan selatan seraya berkata, “Wahai manusia, telah diwajibkan atas kalian berhaji ke Baitul Atiq (Ka’bah), maka penuhilah panggilan Tuhan kalian.”

Orang-orang yang berhasil melaksanakan ibadah haji sejak zaman Nabi Ibrahim AS hingga kini adalah orang-orang yang kala itu menjawab seruan tersebut dengan berkata “Labbaik, Allāhumma labbaik.” Berapa kali seseorang mengucapkan Labbaik ketika itu, sebanyak itu pula akan mendapatkan nasib untuk berhaji. (Labbaik artinya aku tunduk dan memenuhi panggilan-Mu.)


Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Hikmah Haji Berikut ini Firman Allah SWT kepada kita ingatlah baik-baik"

banner 800x90