Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah sumpah palsu termasuk dosa besar?

Hikmahdanhikmah.com - SUMPAH PALSU ADALAH DOSA BESAR: Sumpah palsu adalah salah satu dosa besar. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadisnya, “Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah SWT, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh orang yang tidak bersalah, dan mengucapkan sumpah palsu.”


Mengucapkan sumpah palsu adalah sebuah kejahatan yang besar dalam agama kita. Seseorang yang berani bersumpah untuk membuktikan sebuah tuduhan yang tidak dekat dengan kebenaran berarti telah melakukan tiga kejahatan sekaligus. Yaitu,

Dia telah berbohong. Adapun berbohong itu haram menurut agama dan merupakan salah satu dosa terbesar.

Dia telah merenggut hak orang lain. Merenggut hak orang lain pun haram menurut agama dan merupakan sebuah pertanggungjawaban yang sangat besar.

Dia telah menggunakan nama mulia Allah SWT untuk memperoleh manfaat duniawi atau untuk membuktikan sebuah tuduhan palsu. Hal ini adalah sebuah kejahatan yang sangat besar dan sebuah sikap tidak tahu malu.

Seseorang yang mengenal Allah SWT dan memiliki akidah yang sahih tidak akan berani melakukan kejahatan seperti ini. Sebab, hal ini merupakan ketidaksempurnaan secara moral dan agama sehingga menyebabkan hilangnya rasa takut kepada Allah SWT.

Berbohong dan mengucapkan sumpah palsu dapat menimbulkan bahaya yang sangat besar dalam kehidupan bermasyarakat. Orang-orang yang tidak menepati janji dan gemar berbohong berarti mereka akan menghadapi kebinasaan. Di antara mereka, rasa solidaritas dan kepercayaan tidak akan tersisa dan kehidupan ekonomi pun mulai memudar. Kemajuan juga tidak akan terlihat sedikit pun. Mengenai hal ini, Rasulullah SAW bersabda,

“Sumpah palsu yang diucapkan akan mengakibatkan keruntuhan sebuah daerah.”

“Barang siapa mengambil harta saudaranya dengan sumpah palsu, bersiaplah untuk menempati tempat duduk dari api neraka yang disiapkan untuk dirinya (pikirkanlah dengan baik mengenai azab neraka yang akan menimpanya).”

Baca juga ; nama nama dosa menurut bahasa-arab

Apakah seseorang yang memiliki hati dan akidah yang bersih berani melakukan sumpah palsu? Seseorang harus berpikir akan akibat buruk dan hukuman-hukuman akhirat yang disebabkan oleh sumpah palsu dan sebisa mungkin berusaha untuk menghindarinya.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Apakah sumpah palsu termasuk dosa besar?"

banner 800x90