Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dunia adalah Penjara orang Beriman

Hikmahdanhikmah.com - Ibnu Hajar Al-Asqalani RH, seorang ulama ahli fikih, hadis, dan sejarah, lahir di Mesir pada tahun 773 H/1371 M dan wafat pada tahun 852 H/1448 M.


Suatu hari ketika menjabat sebagai ketua kadi, Ibnu Hajar RH pergi ke pasar. Pakaian beliau sangat indah dan tunggangannya pun sangat menawan. Ketika itu, seorang Yahudi penjual minyak biji rami yang berpakaian usang dan tubuhnya berminyak berlari mendekati Ibnu Hajar RH lalu memegang tali hewan tunggangannya dan berkata,

“Wahai Syekhul Islam, kau mengatakan bahwa nabi kalian bersabda, ‘Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.’ Jika demikian, lalu mana penjaramu dan mana surgaku?”

Kemudian, Ibnu Hajar RH berkata kepada orang Yahudi tersebut, “Saat ini aku seperti berada di dalam penjara jika dibandingkan dengan nikmat-nikmat yang Allah SWT siapkan untukku di akhirat. Adapun kau sendiri seperti sedang berada di surga jika dibandingkan dengan azab pedih yang telah Allah SWT siapkan untukmu di akhirat.” Atas penjelasan tersebut, orang Yahudi itu segera memeluk agama Islam.

Baca juga : Sesungguhnya kebesaran yang Sebenarnya ada di akhirat

SEBAGIAN ADAB BERTAMU

Apabila seseorang mengundang orang lain untuk bertamu, ada tiga hal yang harus diperhatikan olehnya dan tiga hal yang juga harus diperhatikan oleh tamu. 

Berikut ini adalah tiga hal yang harus diperhatikan oleh tuan rumah.

  1. Dalam menjamu tamu, ia tidak boleh membebani diri sendiri dengan menyiapkan sesuatu yang berada di luar kemampuannya.
  2. Hanya menjamu tamu dengan sesuatu yang halal.
  3. Menyediakan segala sesuatu yang diperlukan agar tamu dapat melaksanakan shalat pada waktunya.

Berikut ini adalah tiga hal yang perlu diperhatikan oleh orang yang sedang bertamu.

  1. Duduk di tempat yang dipersilakan untuk dirinya.
  2. Menerima apa pun yang dihidangkan dengan senang hati.
  3. Mendoakan kebaikan dan keberkahan untuk tuan rumah ketika keluar dari rumah.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Baca juga ; Inilah Pentingnya Adab dalam Menuntut ilmu.

Posting Komentar untuk "Dunia adalah Penjara orang Beriman"

banner 800x90