Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah



Hikmahdanhikmah.com – Banyak orang yang tak sadar sering melakukan kebiasaan yang bisa menyebabkan tubuh cepat lelah. Normalnya, tubuh kita akan merasakan lelah saat banyak melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga maupun pikiran. Misalnya saat pekerjaan menumpuk di kantor, menyetir mobil dalam waktu yang lama atau bahkan karena kurang waktu tidur.
Namun dalam kenyataannya, tidak semua kelelahan terjadi karena tingginya aktivitas. Ada beberapa kebiasaan sepele yang banyak orang tak menduga bisa menyebabkan tubuh terasa lelah, contohnya adalah :

1. Kurang minum
Banyak orang yang melupakan pentingnya menjaga asupan cairan tubuh yang cukup. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan kita dari kondisi dehidrasi. Saat tubuh kita mengalami dehidrasi, maka akan mempengaruhi energi kita. Kita akan terasa lelah dikarenakan tekanan darah yang cenderung rendah. Selain itu kekurangan cairan tubuh juga menyebabkan suplai oksigen ke otak dan seluruh tubuh kurang akibatnya tubuh terasa lemas.

2. Penyakit tiroid
Apabila anda tergolong orang yang sering merasakan lelah, maka ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter. Hal ini sangat penting dikarenakan seringnya merasa lelah dengan sebab yang tak jelas bisa menjadi pertanda adanya penyakit tiroid.

3. Alkohol
Banyak orang yang tak sadar kalau kebiasaan konsumsi alkohol bisa menyebabkan tubuh sering merasa lelah. Hal ini dikarenakan dalam minuman alkohol banyak zat-zat kimia yang bisa membuat kita susuh untuk tidur dengan berkualitas, hasilnya tubuh kita sering merasa kelelahan karena kurang tidur.

4. Kekurangan Mineral
Selain beberapa faktor diatas, kelelahan yang sering kita alami juga bisa disebabkan karena kekurangan mineral. Salah satu jenis mineral yang mengalami penurunan adalah magnesium. Kita tahu bahwa magnesium mempunyai banyak manfaat terhadap peningkatan gula darah, kekuatan otot, dan konsentrasi. Untuk mendapatkan asupan magnesium yang cukup kita bisa konsumsi banyak sayuran dan kacang-kacangan.

5. Melewatkan sarapan
Kebiasaan selanjutnya yang sering orang tidak sadar menyebabkan tubuh cepat lelah adalah karena belum sarapan. Banyak orang yang mengaku merasa lemas dan lelah dikarenakan belum sarapan pagi hari. Sarapan menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan bahan bakar kepada tubuh kita untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

6. Kafein
Konsumsi kafein yang cukup memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika kita mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh kita cepat lelah. Hal ini dikarenakan saat kita banyak konsumsi kafein akan mengalami gangguan tidur, sehingga membuat tubuh kita terasa lemah dan lesu.

7. Gangguan tidur
Kebiasaan terakhir yang sering menyebabkan tubuh kita cepat lelah adalah dikarenakan gangguan tidur. Banyak orang yang tak sadar sering melakukan kebiasaan yang membuat gangguan pada tidur. Misalnya begadang nonton bola, maen game sampai larut malam dll. Untuk menghindari tubuh cepat lelah sangat disarankan untuk melakukan tidur dengan waktu yang cukup sekitar 7-8 jam pada malam hari.


Artikel Terkait : dampak buruk jika suka tak sarapan pagi bagi kesehatan.

7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah, apa yang menyebabkan tubuh cepat terasa lelah, rutinitas yang menyebabkan tubuh cepat lelah

Posting Komentar untuk "7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah"

banner 800x90