Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian harta warisan menurut islam dalam Ayat Al-Qur'an




Hikmahdanhikmah.com
- Sebagian dari nasihat-nasihat luhur Al-Quranul Karim adalah apabila setelah dilakukan pembagian warisan terdapat anak yatim dan orang fakir yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya di antara kerabat dekat yang tidak termasuk ahli waris, hendaknya mereka juga diberikan bantuan atau hadiah dari harta warisan tersebut dan dibuat senang hatinya dengan kata-kata yang baik.

Tolong menolong, mahabah, dan persaudaraan seagama di antara umat muslim mengharuskan hal ini. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 8 yang artinya, “…dan apabila sewaktu pembagian itu hadir beberapa kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekadarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.” Ayat karimah ini menganjurkan kita untuk melaksanakan tugas kemanusiaan yang mulia ini.

Baca juga : fadilah menyantuni anak yatim itu luar biasa Balasannya.

TERDAPAT KEBAIKAN PADA SEGALA HAL

Seorang tabi’in yang bernama Masruq RH menuturkan,

“Ada orang saleh yang hidup berkelana di padang pasir. Dia memiliki seekor ayam jantan yang membangunkannya untuk shalat, seekor keledai yang mengangkut air dan barang bawaannya, dan seekor anjing yang bertugas sebagai penjaganya.

Suatu hari, seekor rubah menerkam ayam jantannya. Keluarga orang tersebut sangat sedih atas kejadian ini. Adapun orang saleh itu menghibur keluarganya seraya berkata, “Dalam hal ini pun pasti ada kebaikan.”

Keesokan harinya, kawanan serigala datang lalu mencabik-cabik keledainya. Orang saleh itu kembali berkata, “Dalam hal ini pun terdapat sebuah kebaikan.”

Pada hari berikutnya, anjingnya pun mati. Orang itu kembali berkata, “Dalam hal ini pun terdapat sebuah kebaikan.”

Tidak lama kemudian, datang sebuah kabar bahwa para perampok menyerang kabilah-kabilah di sekitarnya, lalu merampas seluruh harta mereka dan membunuh banyak orang. Para perampok menemukan tempat-tempat kabilah tersebut dari suara-suara ayam jantan, keledai-keledai, dan anjing-anjing. Dengan takdir Ilahi, orang saleh itu beserta keluarganya berhasil menyelamatkan nyawa dan harta mereka sebagai balasan atas musibah yang sebelumnya telah menimpa mereka.

Baca juga : bersedekah agar terhindar dari musibah.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Pembagian harta warisan menurut islam dalam Ayat Al-Qur'an"

banner 800x90