Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayidina Abu Bakar RA ,Aku ridha kepada Rabbku



Hikmahdanhikmah.com - Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA,

“Ketika aku sedang berada di hadapan Rasulullah SAW, Sayidina Abu Bakar RA juga berada di sana. Sayidina Abu Bakar RA hanya mengenakan jubah dari bulu dan mengancingkan kerahnya dengan sebatang tangkai.

Malaikat Jibril AS datang dan berkata, “Wahai Muhammad, aku melihat Abu Bakar RA mengenakan jubah dari bulu dan mengancingkan bagian dadanya dengan sebatang tangkai. Apakah penyebabnya?” Rasulullah SAW berkata,

“Wahai Jibril, sebelum Penaklukan Makkah, dia telah menghabiskan seluruh hartanya untukku.” Atas hal ini, Malaikat Jibril AS berkata,

“Allah SWT menyampaikan salam kepadanya lalu berkata, ‘Katakanlah kepadanya, ‘Wahai Abu Bakar, apakah kau ridha kepada-Ku dengan keadaanmu yang fakir ini atau kau kesal terhadap-Ku?’”

Kemudian, Sayidina Abu Bakar RA berkata, “Bagaimana aku bisa kesal terhadap Rabbku? Aku ridha kepada Rabbku, aku ridha kepada Rabbku, aku ridha kepada Rabbku.” (Ibnu Hajar Al-Asqalani, Assawaaiqul Mahruqah)

Baca juga : hati-hatilah dengan yang namanya harta.

IBADAH YANG DILAKUKAN PADA MALAM TERAKHIR BULAN ZULHIJAH

Pada malam terakhir bulan Zulhijah, kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat Tasbih dan Khatam Anbiya.

Kita juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat Hajat 10 rakaat di antara shalat Magrib dan Isya. Niat shalatnya adalah sebagai berikut, “Ya Allah, ridhailah aku pada tahun yang lalu dan ubahlah segala keburukanku menjadi kebaikan. Berilah aku hidayah dan ridha-Mu!”

Baca juga : Dalam Kesabaran Terdapat Kebaikan Kebaikan Dunia dan Akhirat.

Pada setiap rakaat, kita membaca 7 kali surat Al-Fatihah, 7 kali Ayat Kursi, dan 7 kali surat Al-Ikhlas. Shalat ini dikerjakan dengan memberi salam pada setiap 2 rakaatnya. Setelah shalat, kita dianjurkan untuk membaca sedikitnya 11 kali kalimat tauhid, 11 kali istigfar, dan 11 kali shalawat syarifah lalu berdoa.

Hari terakhir bulan Zulhijah merupakan hari terakhir dalam tahun itu. Pada hari tersebut dianjurkan untuk berpuasa karena itu adalah sebuah ibadah yang utama. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel;Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Sayidina Abu Bakar RA ,Aku ridha kepada Rabbku"

banner 800x90