Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zakat Pertanian hak tertentu yang wajib dikeluarkan dari hasil panen


Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT berfirman dalam surat Al-An’am ayat 141 (yang artinya),

“….dan Dialah yang menciptakan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah buahnya (yang bermacam-macam itu) apabila ia berbuah, dan tunaikanlah haknya (zakatnya kepada fakir miskin) pada hari memetik hasilnya dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Diketahui bahwasanya dalam ayat karimah ini terdapat petunjuk yang menjelaskan adanya hak tertentu yang wajib dikeluarkan dari hasil panen ketika memanen hasil tanaman, yakni ketika memetik dan mengumpulkan hasil tanaman, serta diperintahkan untuk memberikan hak tersebut. 

Selain itu, dalam surat Adz-Dzariyat ayat 19, Allah SWT berfirman (yang artinya), “…dan pada harta-harta mereka ada hak bagi orang miskin yang meminta dan yang tidak mendapat bagian.” Ayat karimah tersebut adalah bentuk penjelasan yang lebih umum yang berarti seorang muslim harus memberikan hak tersebut dengan niat yang baik dan dengan senang hati.

Bersamaan dengan ini, perintah dalam ayat tersebut secara jelas meliputi kewajiban ‘usyr (zakat hasil panen).

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menolak (tidak memberikan) 'usyr (zakat hasil tanamannya), Allah SWT akan mengangkat keberkahan tanahnya (ladangnya).”

Baca juga : zakat infaq shodakoh.

BERSEDEKAHLAH WALAUPUN HANYA SEDIKIT

Rasulullah SAW bersabda, “Satu dirham telah melampaui seratus ribu dirham.”

Sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah satu dirham dapat melampaui seratus ribu dirham?” Kemudian, Rasulullah SAW berkata, “Ada seseorang yang memiliki banyak harta. Lalu, ia mengeluarkan uang seratus ribu dirham yang merupakan sebagian kecil dari hartanya sebagai sedekah. Selain itu, ada orang lain yang hanya memiliki harta dua dirham. Lalu, ia memberikan satu dirhamnya sebagai sedekah (maka, orang tersebut telah memberikan setengah hartanya sebagai sedekah).”

Baca juga : Jenis jenis sedekah perlu diketahui

NAMA-NAMA. Laki-laki. Amin, Perempuan. Asma.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Zakat Pertanian hak tertentu yang wajib dikeluarkan dari hasil panen"

banner 800x90