Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Mengalami Autisme ?



Hikmahdanhikmah.com – Banyak orang yang belum mengetahui apa yang menyebabkan seorang anak mengalami autisme. Sebagian besar dari mereka atau para orang tua menyalahkan dirinya sendiri saat mendapati anaknya didiagnosa autisme. Padahal menurut ilmu medis autisme disebabkan karena adanya gangguan pada spektrum autistik atau biasa dikenal dengan sebutan GSA. Sampai saat ini para ahli belum menemukan sebab pasti mengapa seorang anak bisa mengalami autisme.

Hal ini bukan berarti belum ada sebuah penelitian yang mencoba mencari tahu penyebab autis pada anak. Menurut salah seorang dokter spesialis kedokteran jiwa psikiatri anak dan remaja yang bernama Ika Widyawati mengatakan sampai saat ini para ahli hanya menemukan kasus autis yang disebabkan karena faktor genetik, adanya gangguan biokimia pada otak dan adanya gangguan pada sistem syaraf. Para peneliti belum menemukan  sebab secara pasti kromosom mana yang bisa menyebabkan seorang anak menjadi autisme.

Baca juga : mengenal pentingnya peran ayah dalam-tumbuh-kembang-anak.

Menurut dokter Ika, sebab penyakit autisme pada anak seperti halnya puzzle yang terdiri dari banyak potongan rumit yang sampai saat ini belum ditemukan. Kalau dilakukan pemeriksaan, maka pada area otak anak autis memang terdapat suatu gangguan.
Gangguan tersebut berupa adanya jumlah neurotransmitter dopamin yang berlebih dibandingkan dengan anak yang normal. Kondisi inilah yang menyebabkan seorang anak autis mengalami gangguan dalam penyampaian impuls pada otak.

Seorang anak yang mengalami autis akan mengalami suatu perlambatan dalam hal perkembangan. Perkembangan tersebut meliputi perkembangan fisik dan intelektual. Hal ini disebabkan karena pada cabang-cabang otak anak yang mengalami autis memiliki panjang yang lebih pendek dibandingkan dengan anak yang normal.

Yang menjadi prihatin adalah banyak kalangan orang tua yang mempunyai anggapan bahwa anak yang autis bisa disebabkan karena tinadakan vaksin atau imunisasi. Menurut dokter Ika hal ini adalah salah besar. Menurutnya tidak ada satupun vaksin yang diciptakan yang bisa menyebabkan anak menjadi autis. Adanya anggapan yang salah ini membuat angka kasus infeksi pada anak meningkat dikarenakan para orang tua enggan untuk melakukan vaksinasi kepada anaknya.

Berdasarkan kasus yang terjadi, anak yang mengalami autis biasanya terjadi pada anak dengan rentan usia di bawah 3 tahun. Selain itu anak laki-laki juga lebih sering terkena autisme dibandingkan dengan anak perempuan. Menurut para ahli penyebab lebih seringnya autis menyerang anak laki-laki masih belum diketahui penyebabnya secara pasti. Masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

Artikel Terkait : Tanda-tanda Anak Menderita Autisme

Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Mengalami Autisme, faktor yang menyebabkan anak menjadi autis, penyebab anak mengalami autis

Posting Komentar untuk "Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Mengalami Autisme ?"

banner 800x90