Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang



Hikmahdanhikmah.com – Pernikahan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti bagi kebanyakan para remaja terutama bagi wanita. Namun pernahkah kita mencari tahu mengapa nikah pada usia remaja dilarang ? Dari segi kesehatan melarang melakukan pernikahan di usia remaja atau kurang dari 17 tahun. Hal ini disebabkan meningkatkan resiko kematian ibu.
Di negara Indonesia melalui BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyarankan untuk menikah pada usia di atas 21 tahun bagi yang wanita. 

Bagi anda yang laki-laki sangat disarankan minimal 25 tahun. Anjuran ini tentu bukan tanpa alasan.Berdasarkan sebuah hasil penelitian medis mengatakan bahwa apabila seorang wanita melakukan menikah pada usia 10-14 tahu, maka bisa meningkatkan resiko kematian saat melahirkan. Hal ini berbeda dengan para wanita yang menikah pada usia 20-25 tahun.

Ada banyak resiko penyakit yang akan didapat bagi seorang wanita yang menikah pada usia remaja. Mulai dari adanya gangguan pada organ reproduksi yang meliputi kanker leher rahim, trauma pada organ intim, resiko preeklamsia, resiko melahirkan bayi prematur dan yang paling berbahaya adalah meningkatkan resiko kematian ibu.

Baca juga ; alasan remaja beresiko besar tertular hiv.

Bukan hanya tidak baik dari sisi kesehatan saja, dari segi sosial menikah pada usia remaja banyak menimbulkan perceraian yang diakibatkan karena kurang matangnya emosi. Remaja mempunyai emosi yang belum stabil atau kurang matang sehingga sering memicu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bahkan dalam sebuah studi angka tersebut mencapai 44 persen.

Meskipun pemerintah melalui BKKBN sudah mempromosikan untuk tidak menikah usia dini, namun angka pernikahan dini terus meningkat. Hal ini menunjukkan rendahnya pengetahuan para remaja kita tentang dampak negatif pernikahan usia remaja. Disamping itu kurangnya sosialisasi pemerintah juga menjadi faktor yang meningkatkan pernikahan usia remaja.

Saat ini kalau kita mengamati para remaja kita, sering kali kita melihat usia mereka masih remaja namun sudah menggendong anak kecil. Diperberat lagi dengan masalah ekonomi yang sering melanda para pasangan menikah muda yaitu ancaman PHK, maka resiko perceraian mereka sangat tinggi. Itulah alasan mengapa menikah usia remaja dilarang.

Artikel Terkait : ingin hemat menikahlah.

apa dampak buruk menikah usia remaja, bahaya menikah pada usia remaja, Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang

Posting Komentar untuk "Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang"

banner 800x90