Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasehat-nasehat Sayidina Ali kw kepada kumail RH



Hikmahdanhikmah.com - Alhamdulillah kali ini admin share Sebuah Nasehat dari Sayidina Ali KW memberikan nasihat kepada salah seorang tabi’in, Kumail bin Ziyad RH,“Wahai Kumail, setiap hati adalah sebuah wadah dan hati yang paling baik adalah yang dipenuhi dengan kebaikan dan kebenaran. Oleh karena itu, dengarkanlah perkataanku dengan baik dan janganlah kau melupakannya. 

Manusia terbagi menjadi tiga bagian.

Ulama-ulama rabbani (ulama-ulama yang pengetahuan keilmuan dan agamanya dalam).Orang-orang yang mempelajari ilmu untuk menggapai keselamatan.

Orang-orang yang seperti lalat-lalat yang selalu mengikuti setiap suara dan terbawa oleh setiap angin, yaitu orang-orang yang tidak tercerahkan dengan cahaya ilmu dan juga tidak bersandar kepada tiang yang kokoh.

Ilmu itu lebih baik daripada harta. Sebab, ilmu dapat memperbaiki amal dan meningkatkan pahalanya. Adapun harta itu makin dibelanjakan makin berkurang (habis). Mencintai orang alim adalah sebuah dasar yang harus diterapkan pada diri seseorang. 

Ilmu akan selalu menghasilkan ketaatan bagi pemiliknya dalam kehidupannya dan menjamin indahnya hal-hal yang akan dirasakan oleh pemiliknya setelah kematiannya. 

Baca juga : Bagaimanakah Seharusnya seorang Ahli Ilmu.

Adapun orang-orang yang memiliki harta akan habis bersamaan dengan habisnya harta mereka dan orang-orang yang menjadi penjaga harta akan mati, sedangkan harta mereka akan ditinggalkan. 

Sementara itu, para ulama akan senantiasa kekal selama kehidupan terus berlanjut. Mungkin tubuh mereka tidak bisa terlihat, tetapi peninggalan (ilmu) mereka selalu ada dalam hati orang-orang. (Sambil menunjuk ke dadanya dengan tangannya,) di sini terdapat sebuah ilmu yang seandainya saja ada orang-orang yang bisa aku ajari.

Akan tetapi, segala puji bagi Allah SWT, orang-orang yang mengajarkan ilmu Allah SWT dan beramal dengan ilmu tersebut selalu ada di muka bumi agar dasar-dasar agama tidak lenyap.

Dari segi jumlah, mereka itu sedikit, tetapi mereka adalah orang-orang yang amat berharga dan bernilai di sisi Allah SWT. Dengan sebab mereka, Allah SWT mengangkat kebatilan. Mereka mengajarkan dasar-dasar agama kepada orang-orang seperti mereka dan menanamkan ilmu-ilmu ke dalam hati umat muslim seperti mereka.

Tubuh-tubuh mereka berada di dunia, tetapi ruh mereka bergantung di Mala’ul A’lā. Merekalah para khalifah Allah SWT dan para pendakwah yang menyeru kepada agama-Nya yang luhur. Ahh! Betapa aku sangat ingin dapat melihat mereka.”

Baca juga : Pentingnya ilmu sebelum beramal.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Nasehat-nasehat Sayidina Ali kw kepada kumail RH"

banner 800x90