Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebaik-baik Amal adalah yang dilakukan secara Terus-menerus

Sumber gambar : yayasanPijarmulia.com

Hikmahdanhikmah.com - Sayidah Aisyah (R.Anha) berkata,“Rasulullah SAW banyak berpuasa pada beberapa bulan sehingga kami mengira bahwa beliau selalu berpuasa pada bulan-bulan tersebut. Sementara itu, beliau sedikit berpuasa pada beberapa bulan lainnya sehingga kami mengira bahwa beliau sama sekali tidak berpuasa pada bulan-bulan tersebut. Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa selama tiga puluh hari penuh selain pada bulan Ramadan. Selain itu, aku juga belum pernah melihat Rasulullah SAW banyak berpuasa pada suatu bulan selain bulan Sya’ban.

Dikatakan dalam sebuah hadis syarif, ‘Itulah (bulan Sya’ban) yang kebanyakan manusia lalai di dalamnya, yang berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan. Padahal, amal ibadah diangkat ke hadirat Rabb semesta alam pada bulan ini. Maka, aku menyukai amal ibadahku diangkat ketika aku dalam keadaan berpuasa.’
Rasulullah SAW bersabda, ‘Pilihlah ibadah-ibadah (nafilah) yang mampu kalian lakukan. Selama kalian tidak meninggalkan beribadah, Allah SWT pun tidak akan memutus pahala untuk kalian.’
Dalam hadis syarif dikatakan, ‘Lakukanlah amal ibadah yang mampu kalian lakukan.’ Maksudnya, lakukanlah ibadah sunah yang mudah bagi kalian dan amalan yang dapat kalian lakukan dengan tulus tanpa merasa bosan. Sebab, kebosanan dan kejenuhan dapat mengurangi pahala amal ibadah.


Selama kalian tidak berhenti beramal, Allah SWT tidak akan berhenti memberikan pahala dan menuliskan pahala-pahala yang berlipat ganda untuk kalian. Selama kalian terus melakukan amal saleh meskipun hanya sedikit, Allah SWT akan membantu kalian dalam meneruskan hal tersebut. 

Akan tetapi, jika kalian menunjukkan kebosanan dan kejenuhan serta melakukan amal ibadah dengan tidak sempurna, pahala-pahala kalian akan mulai berkurang juga. Amal sedikit yang dilakukan secara terus-menerus itu lebih utama daripada amal banyak yang tidak dilakukan secara terus-menerus. Selain itu, melakukan amal ibadah secara terus-menerus merupakan bagian dari mengikuti sunah Rasulullah SAW.

Menurut Rasulullah SAW, shalat yang paling disukai adalah shalat yang telah menjadi kebiasaan dan terus dilakukan walaupun hanya sedikit. Ketika telah memulai membiasakan melakukan shalat sunah apa pun, Rasulullah SAW akan terus melakukannya.


Sumber artikel:Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Sebaik-baik Amal adalah yang dilakukan secara Terus-menerus"

banner 800x90