Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Menyebabkan Kepala Menjadi Botak ?



Hikmahdanhikmah.com – Memiliki rambut yang indah dan tebal merupakan impian bagi setiap orang. Terlebih bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang menjadi salah satu daya tarik kecantikan seseorang. Namun bagaimana jika rambut yang indah dan tebal tersebut perlahan mengalami kerontokan dan menyebabkan kebotakan. Apa yang menyebabkan kepala menjadi botak ?
Dalam  dunia kedokteran, kondisi rambut yang makin menipis dan cenderung menyebabkan kepala maenjadi botak dikenal dengan istilah androgenetic alopecia (AGA).

Jadi kondisi menipisnya rambut yang menyebabkan kepala menjadi botak disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Apabila anda mempunyai keturunan orang tua atau keluarga yang mempunyai rambut yang tipis atau kepala botak, maka anda beresiko besar mengalami hal yang sama. Dalam kasus AGA yang terjadi adalah folikel rambut yang sangat sensitif terhadap DHT yang merupakan hasil dari produksi hormon testosteron. Sehingga DHT akan menyebabkan folikel pada rambut menjadi menyusut dan berdampak pada tidak produksinya rambut.

Baca juga : benarkah mencabuti uban justru akan membuat tambah banyak.

Apakah hal ini akan terjadi pada seorang pria saja yang memiliki kadar testosteron lebih banyak ? Tidak, seorang wanita juga bisa mengalami AGA. Dalam tubuh seorang wanita juga memiliki keseimbangan hormon estrogen dan testosteron yang memang lebih banyak pada pria. Dalam tubuh wanita, keseimbangan hormon estrogen dan testosteron sangat berperan dalam menentukan tebal tidaknya rambut seseorang. Misalnya saat seorang wanita hamil, maka ada peningkatan hormon estrogen yang bisa membuat rambut sang ibu menjadi lebih tebal.

Oleh karena itulah sering kita menjumpai seorang wanita yang setelah melahirkan mengalami kerontokan rambut yang disebabkan karena kembalinya komposisi hormon ke semula.

Bukan hanya itu saja yang bisa mempengaruhi rambut seorang wanita, kondisi wanita yang mengalami kista ovari juga sangat mempengaruhi tebal tidaknya rambut. Selain itu penggunaan kotrasepsi pil dan faktor menopause juga menyebabkan perubahan besar pada rambut wanita.
Selain itu rontoknya rambut juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada tiroid, kondisi anemia, kekurangan asupan vitamin, adanya penyakit autoimun serta penggunaan obat-obatan juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang juga bisa memicu rambut menjadi mudah rontok, diantaranya suka mengikat rambut dengan kencang, pelusuran, dan bleaching. Jika anda sering melakukannya, maka segera hentikan agar rambut kita tidak mudah rontok.
Sebenarnya kalau kita mengalami kehilangan rambut sebanyak 50-150 helai dalam sehari masih termasuk dalam kondisi normal. Namun jika kita merasa kerontokan lebih banyak dan rambut menjadi tips, maka anda jangan panik terlebih dahulu. Coba ingat-ingat apakah orang tua atau keluarga anda ada yang mengalami hal yang sama ?

Apabila ternyata ada anggota keluarga anda yang mengalami hal yang sama, maka apa yang anda alami saat ini kemungkinan besar dikarenakan faktor genetik.Untuk mengatasi rambut yang rontok, sampai saat ini belum ditemukan cara yang paling efektif. Namun untuk membuat rambut kita menjadi tebal bisa dilakukan transplantasi rambut. Namun tindakan ini sebaiknya dilakukan pada awal kerontokan.

Artikel Terkait : Mengapa Uban Bisa Muncul Pada Usia Muda ?

apa yang membuat seseorang mengalami kebotakan, Apa Yang Menyebabkan Kepala Menjadi Botak, inilah yang menyebabkan rambut menipis dan rontok

Posting Komentar untuk "Apa Yang Menyebabkan Kepala Menjadi Botak ?"

banner 800x90