Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Menyebabkan Tak Nafsu Makan Setelah Putus Cinta ?



Hikmahdanhikmah.com – Putus cinta memang bagi kebanyakan orang akan membuat rasa sedih yang mendalam. Secara tidak sadar kesedihan yang mendalam tersebut membuat kita mengalami banyak perubahan dalam tubuh kita. Salah satu yang berubah adalah nafsu makan yang menurun. Banyak orang mengaku mengalami tak nafsu makan setelah putus cinta.
Kondisi menurunnya nafsu makan setelah seseorang putus cinta membuat banyak orang bertanya-tanya. Apa yang menyebabkannya ? Dalam hal ini seorang pakar hubungan yang bernama Marina Pearsen dan Debra Smouse membeberkan penyebabnya.

Menurutnya antara pikiran dengan keadaan tubuh manusia saling berhubungan erat. Oleh karena itu tidak heran jika saat kita merasa galau atau sedih setelah putus cinta maka kondisi tubuh kita juga berpengaruh.
Saat seseorang mengalami stres, maka secara alami tubuh akan melakukan konpensasi dengan banyak memproduksi adrenalin. Kita tahu bahwa fungsi dari adrenalin ini adalah untuk meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh.
Saat tubuh kita sering mengalami kondisi peningkatan kadar kortisol dalam jangka waktu yang lama, maka ada banyak resiko kesehatan yang akan kita terima. Diantaranya adalah meningkatkan resiko peningkatan gula darah, meningkatkan tekanan darah, kalsium akan berkurang, jumlah lemak akan meningkat, menurunnya fungsi kognitif tubuh, serta depresi.

Pada akhirnya kondisi ini akan membuat kekebalan tubuh atau imunitas kita akan menurun. Kunci utama sistem kekebalan tubuh manusia sangat erat kaitannya dengan usus. Oleh karena itu saat seseorang patah hati akan membuat kesehatan usus menurun yang membuat kita tidak nafsu makan.
Ada sebagian orang yang saat mengalami stres seperti patah hati melakukan hal yang positif dengan menikmati masa tersebut dengan cara minum es krim atau makan cokelat. Namun bagi sebagian orang yang lain justru tersiksa saat mencoba untuk makan jenis makanan tersebut.
Hal ini menunjukkan betapa erat kaitan antara suasana hati dengan perut manusia. Meskipun makanan enak sudah masuk dalam mulut kita, tapi kalau hati kita sedang galau maka seakan-akan sangat sulit untuk menelan dan merasakan makanan tersebut.

Namun sebenarnya secara alami saat kita merasa sedih atau stres, tubuh kita secara alami akan berusaha memulihkan kondisi ini atau memperbaikinya. Namun jika kondisi ini berlangsung lama maka efeknya bisa berpengaruh pada nafsu makan kita.
Saat kita mengalami tidak nafsu makan, maka kita akan beresiko mengalami penurunan berat badan. bagi sebagian orang kondisi ini senang. Namun anda jangan merasa senang dengan kondisi yang tidak sehat ini. Anda harus menghindari keadaan seperti ini.
Yang harus kita pahami adalah putus cinta merupakan hal yang wajar terjadi pada siapa saja yang menjalin kasih sayang. Namun saat seseorang tersebut hilang dan menjauh dari kita maka belajarlah untuk ikhlas dengan tetap menikmati masa kesedihan kita. Jangan terlalu larut dalam kesedihan yang mendalam yang banyak memberikan efek negatif bagi kesehatan kita. Yakinlah anda akan menemukan cinta lain yang lebih baik.


Artikel Terkait : Enam Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

Apa Yang Menyebabkan Tak Nafsu Makan Setelah Putus Cintahubungan nafsu makan menurun dengan putus cintapenyebab orang yang putus cinta tidak nafsu makan

Posting Komentar untuk "Apa Yang Menyebabkan Tak Nafsu Makan Setelah Putus Cinta ?"

banner 800x90