Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Cara Mengenali Gejala Katarak



Hikmahdanhikmah.com – Katarak merupakan jenis penyakit mata yang bisa menyebabkan penderitanya buta. Penderita katarak akan mengalami penurunan penglihatan yang diakibatkan adanya kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Jika hal ini dibiarkan saja, maka resiko kebutaan di depan mata. Berikut cara mengenali gejala katarak.

Menurut salah seorang dokter spesialis mata yang juga sebagai Ketua Service Lataral dan Bedah Refraktif Jakarta Eye Center (JEC) yang bernama Setiyo Budi Riyanto mengatakan salah satu tanda kalau kita menderita katarak adalah penglihatan yang menurun meskipun kita sudah memakai kaca mata.

Kekeruhan yang terjadi pada lensa mata kerap menimbulkan gejala penglihatan yang berkabut. Selain itu mereka yang mengalami katarak akan terganggu saat mendapatkan rangsangan cahaya. Mereka akan merasa silau dan gelap saat mendapatkan sinar cahaya atau sinar matahari.


Untuk tanda khas dari katarak adalah adanya noda putih yang terjadi pada bola mata yang berpotensi untuk meluas dan lama-kelamaan akan akan menyebabkan kebutaan. Mereka akan merasa lebih jelas melihat dalam ruangan dibandingkan dengan luar ruangan.

Lantas apa yang memicu seseorang mengalami katarak ? Untuk penyebabnya biasanya disebabkan karena faktor usia dan terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari.
Jadi bagi kita yang penglihatan masih normal, untuk mencegah terjadinya katarak bisa dengan cara memakai kaca mata saat kita berada di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa merusak mata kita. Berdasarkan pengalaman, para penderita katarak umumnya berusia 50 tahun ke atas.

Bagaimana cara menyembuhkan katarak ? Sampai saat ini pengobatan terhadap katarak hanya dilakukan operasi. Namun jangan berpikiran layaknya operasi pembedahan pada besar, operasi katarak sekarang ini sudah canggih tanpa disuntik dan dijahit sehingga sangat aman dan tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebih.

Berdasarkan sebuah data Riset Kesehatan RI pada tahun 2013 mengatakan bahwa katarak menjadi penyakit mata terbanyak yang menyebabkan kebutaan di Indonesia. Selain itu hampir setiap tahunnya ada 1000 orang yang positif katarak.

Dengan hasil tersebut membuat Indonesia menjadi negara nomer dua penyumbang katarak terbesar setelah Eutopia. Untuk wilayah Asia Tenggara Indonesia menjadi negara terbesar pertama angka penderita katarak.

Artikel Terkait
: bahaya mengucek mata saat gatal.

apa tanda kalau menderita katarak, Berikut Cara Mengenali Gejala Katarak, cara mendeteksi dini penyakit katarak, penyebab katarak

Posting Komentar untuk "Berikut Cara Mengenali Gejala Katarak"

banner 800x90