Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Buruk Olahraga Lari di Jalan Raya Bagi Kesehatan Paru




Hikmahdanhikmah.com – Lari merupakan jenis olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Disamping itu lari juga termasuk jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak biaya untuk melakukannya. Saking mudahnya, banyak orang yang melakukan olahraga lari di jalan raya. Padahal kita tahu jalan raya merupakan tempat kendaraan yang banyak mengeluarkan asap yang berdampak buruk bagi kesehatan paru kita. Apalagi jika dilakukan di jalan raya kota besar yang padat dengan kendaraan bermotor.

Kita tahu bahwa jalan raya sekarang ini penuh dengan kendaraan bermotor yang setiap saat mengeluarkan polusi yang efeknya sangat tidak baik bagi kesehatan kita terutama paru-paru. Padahal kalau kita melakukan jenis olahraga aerobik seperti berlari berarti tubuh kita akan semakin banyak menghirup udara. Kalau kita melakukannya di jalan, maka tidak bisa kita bayangkan berapa besar zat-zat berbahaya yang dikeluarkan oleh kendaraan yang kita hirup. Tentu hal ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru kita.

Padahal kalau kita melihat kendaraan di jalan, maka banyak sekali jenis kendaraan yang mengeluarkan banyak asap beracun. Asap beracun dari kendaraan bermotor biasanya berupa karbon monoksida dan volatile organic compounds (VOC) yang berbahaya bagi kesehatan yang biasanya menimbulkan kabut asap di udara.

Saat seseorang melakukan olahraga seperti berlari, maka banyak pola pernapasan yang dilakukan lewat mulut. Dengan model pernapasan yang seperti ini membuat udara yang masuk akan tidak terfilter dengan baik seperti kalau kita bernapas lewat hidung.

Asap kendaraan atau polusi udara merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru kita. Namun bukan hanya bagi paru-paru saja, ternyata polusi udara juga bisa memicu banyak penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan jantung. Apalagi bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit asma, maka menghirup udara kotor atau banyak polusi membuat saluran pernapasan akan terganggu dan menimbulkan kekambuhan.

Dengan demikian bukan berarti melakukan olahraga berlari di luar ruangan tidak sehat. Olahraga yang dilakukan di luar ruangan sangat disarankan namun dengan syarat tertentu. Anda bisa melakukan olahraga berlari di jalan yang masih sepi dari kendaraan bermotor sehingga polusi udara lebih minimal. Atau anda juga bisa memilih tempat khusus untuk melakukan olahraga berlari seperti pada taman yang tersedia area jogging track sehingga udara lebih terjaga.


Artikel Terkait : Jangan Sekedar Lari, Begini Cara Lari Yang Benar

bahaya olahraga lari di jalan bagi kesehatan, Efek Buruk Olahraga Lari di Jalan Raya Bagi Kesehatan Paru, efek samping olahraga di pinggir jalan

Posting Komentar untuk "Efek Buruk Olahraga Lari di Jalan Raya Bagi Kesehatan Paru"

banner 800x90