Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Sering Duduk Lama Bisa Memperpendek Umur



Hikamahdanhikmah.com – Bagi anda yang setiap hari terbiasa untuk duduk lama, maka anda harus hati-hati karena sering duduk lama bisa memperpendek umur. Hal ini sudah terbukti bahwa dengan posisi duduk yang lama tanpa aktivitas lain bisa memperpendek umur seseorang.

Untuk membuktikan kaitan antara duduk lama dengan resiko kematian, maka seorang peneliti yang berasal dari Brasil melakukan sebuah penelitian yang melibatkan banyak orang di 54 negara. Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan adanya kaitan antara duduk lama lebih dari 3 jam dengan resiko kematian yang disebabkan oleh berbagai sebab.

Bahkan menurut para peneliti dengan kita mengurangi waktu duduk kurang dari 3 jam, maka bisa meningkatkan harapan hidup seseorang bahkan sampai lebih dua bulan.

Penelitian ini memang bukan yang pertama kalinya tentang efek buruk sering duduk lama. Penelitian-penelitian sebelumnya juga menyebutkan kaitan erat penyakit jantung dengan kebiasaan duduk lama lebih dari 3 jam sehari. Untuk mengurangi efek buruk ini, para peneliti menyarankan kepada kita untuk rajin melakukan olahraga secara teratur.

Bagi manusia modern sekarang ini mungkin susah untuk menghilangkan kebiasaan duduk lama. Apalagi bagi mereka yang biasanya bekerja di kantor yang mengharuskan duduk lama lebih dari 5 jam. Duduk lama sudah menjadi gaya hidup manusia sekarang ini. Bukan hanya para pekerja saja, para remaja pun sekarang ini banyak menghabiskan waktunya duduk manis depan komputer atau sekedar maen game.

Belum lagi bagi mereka yang mempunyai pekerjaan seorang sopir atau masinis kereta api yang mengharuskan duduk lama berjam-jam. Dalam hal ini merupakan sebuah tuntutan sebuah pekerjaan yang menjadi resiko. Namun untuk menurunkan resiko efek buruk duduk lama bagi kesehatan, kita harus pandai-pandai memanfaatkan waktu senggang untuk sekedar berdiri dan berjalan untuk aktivitas tubuh kita.

Artikel Terkait : Manfaat Bekerja Dengan Berdiri Mampu Menurunkan Resiko Obesitas

apa dampak buruk duduk lama bagi kesehatan, duduk lama lebih dari tiga jam tidak dianjurkan bagi kesehatan, Hati-Hati Sering Duduk Lama Bisa Memperpendek Umur

Posting Komentar untuk "Hati-Hati Sering Duduk Lama Bisa Memperpendek Umur"

banner 800x90