Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Konsumsi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan



Hikmahdanhikmah.com – Kebanyakan orang mengenal manfaat jambu biji hanya dari buahnya saja. Namun tahukah kita bahwa konsumsi daun jambu biji juga sangat bagus bagi kesehatan kita. Ini yang masih banyak orang belum tahu.

Jambu biji merupakan buah yang berasal dari Amerika yang sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Hampir setiap daerah bisa ditanami buah jambu biji. Buah yang satu ini kaya sekali akan kandungan vitamin C, serat dan banyak sekali kandungan antioksidan yang sangat bagus bagi kesehatan.

Ada beberapa manfaat konsumsi buah jambu biji diantaranya mampu meringankan diare, diabetes, batuk, katarak, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker dll. Namun ternyata manfaat yang besar tersebut bukan hanya terdapat pada buanya saja, daun jambu biji juga tidak kalah besar manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya :

§  Mengandung antioksidan
Ternyata daun jambu biji juga sangat banyak kandungan antioksidan. Hal yang sama terdapat pada buah jambu biji. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi maka sangat bagus dalam menangkal radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita.

Banyak disekitar kita yang bisa memicu radikal bebas, diantaranya polusi asap kendaraan dan pabrik, jenis makanan instan dan siap saji, serta obat-obatan. Dengan banyaknya ancaman radikal bebas tersebut, maka apabila masuk ke dalam tubuh kita bisa menyebabkan banyak gangguan misalnya pada pembuluh darah atau dikenal dengan aterosklerosis, menyebabkan kanker, alzheimer dan masih banyak penyakit yang lain.

§  Meringankan kram perut saat haid
Bagi seorang wanita yang sering mengalami kram atau sakit perut saat haid atau dysmenorrhea maka konsumsi daun jambu biji bisa menjadi obat natural yang sangat efektif. Hal ini dikarenakan dalam daun jambu biji mengandung flavonoid.
Rasa kram atau nyeri perut yang terjadi saat mestruasi, biasanya akan terjadi pada perut bagian bawah wanita. Bagi kebanyakan wanita hal ini sangat menganggu aktivitas mereka. Apalagi jika dihadapkan dengan kondisi pekerjaan yang padat yang harus diselesaikan pada saat itu juga. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengkonsumsi ektrak daun jambu biji untuk bisa meringankan nyeri haid.

§  Memperbaiki kondisi penderita pra-diabetes dan diabetes
Tahukah kita bahwa daun jambu biji ternyata sangat bagus bagi mereka yang mempunyai penyakit diabetes. Kandungan dalam jambu biji mampu menurunkan kadar gula yang berlebih sehingga sangat bagus untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Banyak orang yang tak sadar kalau dirinya telah mengalami pradiabetes. Pradiabetes berarti kondisi meningkatnya kadar gula darah dari batas normal namun kenaikan tidak terlalu tinggi sehingga belum bisa dikatakan sebagai kondisi diabetes. Gula darah dikatakan sebagai pradiabetes jika lebih dari 126 mg/dl (puasa) atau lebih dari 198mg/dl (sesudah makan). Kondisi pradiabetes akan sangat mungkin menjadi diabetes jika kita membiarkannya begitu saja dalam jangka waktu yang lama.

Artikel Terkait : Antara nasi dan gula mana yang lebih Meningkatkan Resiko Diabetes.

apa saja kandungan dari daun jambu biji yang bermanfaat bagi kesehatan, apa saja manfaat daun jambu biji bagi kesehatan, Inilah Manfaat Konsumsi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Konsumsi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan"

banner 800x90