Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Olahraga Yang Sangat Cocok Untuk Meredakan Cemas dan Depresi



Hikmahdanhikmah.com – Kalau kita ingat dulu ada anggapan bahwa kesehatan tubuh seseorang tidak saling berhubungan dengan kesehatan mental. Ini merupakan anggapan yang salah. Hal ini dikemukakan oleh salah satu psikolog yang bernama Ben Michaelis PhD. Beliau juga seorang penulis buku yang bernama Your Netx Big Thing:10 Small Stesps to Get Moving and Get Happy.

Perlu diketahui bahwa tubuh kita sangat erat kaitannya dengan pikiran atau mental. Saat kita berusaha menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, maka secara otomatis pikiran kita akan terjaga kesehatannya.

Bagi anda yang saat ini mengalami masalah depresi yang tergolong berat, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Hal ini sangat penting mengingat depresi yang berat kalau tidak tertangani dengan benar bisa berdampak lebih serius. Selain itu tidak ada salahnya anda mempunyai rutinitas olahraga untuk mengurangi rasa depresi anda.

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa melakukan olahraga sangat bagus untuk mengurangi kecemasan dan depresi. 


Berikut beberapa jenis olahraga yang sangat cocok untuk meredakan kecemasan dan depresi 

Berjalan santai
Olahraga pertama yang sangat bagus bagi untuk meredakan kecemasan dan depresi adalah berjalan santai. Jenis olahraga ini sangat mudah untuk kita lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan melakukan berjalan santai akan ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti membakar kalori, bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan mampu mencegah kita makan dalam jumlah yang banyak.

Disamping itu berdasarkan sebuah hasil studi juga menyebutkan bahwa melakukan jalan santai selama 5 menit sehari bisa memberikan harapan hidup lebih lama. Dengan melakukan olahraga jalan santai akan meningkatkan produksi serotonin dan norepineprin yang membuat suasana hati kita menjadi lebih gembira.

Mendaki menikmati pemandangan alam
Menurut pada ahli melakukan jalan-jalan ke alam seperti mendaki menikmati pemandangan memiliki banyak manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang.
Dengan berada di tempat yang banyak pepohonan hijau membuat kita merasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan tanaman memancarkan zat kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Untuk membuktikan manfaat berjalan-jalan pada daerah pegunungan, pada tahun 2009 ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa berjalan di hutan ternyata terbukti memberikan efek menurunnya hormon stres dalam tubuh kita. Jadi bagi anda yang merasa cemas dan depresi sangat disarankan untuk melakukan jenis olahraga ini.

Yoga
Berdasarkan sebuah hasil studi yang telah dipublikasikan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyatakan bahwa orang yang sering melakukan olahraga yoga mampu mengurangi depresi dan kecemasan.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga kita akan mempunyai dua manfaat kesehatan. Yang pertama adalah bagi kesehatan fisik kita dan bagi kesehatan mental kita. Bagi kesehatan fisik bisa sangat bagus bagi pernapasan, menguatkan otot-otot dan menguatkan tulang.

Dalam melakukan olahraga yoga kita mengenal dengan latihan pernapasan yang sangat bagus bagi kesehatan. Aktivitas ini ternyata juga berdampak positif bagi kesehatan mental kita.
Itulah beberapa jenis olahraga yang sangat cocok untuk meredakan cemas dan depresi.

Selamat mencoba

Artikel Terkait : Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas

bagaimana cara meredakan depresi yang efektif, Jenis Olahraga Yang Sangat Cocok Untuk Meredakan Cemas dan Depresi, manfaat olahraga bagi orang yang depresi dan cemas

Posting Komentar untuk "Jenis Olahraga Yang Sangat Cocok Untuk Meredakan Cemas dan Depresi"

banner 800x90