> Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 10, 2021

Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas ?



Hikmahdanhikmah.com – Pernahkah anda merasa sering buang gas atau kentut yang tidak normal ? Kondisi ini tentu akan membuat kita tidak nyaman serta membuat malu karena tak jarang kentut menimbulkan suara dan bau yang tidak sedap. Apa sebenarnya yang menyebabkan sering buang gas atau kentut ?
Kentut sebenarnya hal yang normal terjadi akibat sebuah proses pencernaan. Secara normal orang bisa melakukan kentut sebanyak 14 kali dalam sehari. Jika melebihi itu, maka dianggap frekuensi itu meningkat. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengeluarkan gas berlebihan, diantaranya :

Baca Juga : Benarkah BAB Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tak Sehat
1. Naik pesawat
Naik pesawat merupakan sebab pertama orang mengalami kentut atau buang gas berlebih. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang menyimpulkan bahwa naik pesawat bisa memicu seseorang untuk buang gas lebih banyak. Kondisi berada dalam ketinggian akan membuat gas yang berada dalam perut akan meluas sehingga memicu flatus atau buang gas.

2. Makan sehat
Tahukah kita ternyata konsumsi makanan yang notabene sehat akan menyebabkan seseorang banyak mengeluarkan gas. Jenis makanan yang sehat bisa berasal dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.
Contoh dari jenis makanan tersebut adalah bawang, brokoli, kembang kol, taoge dan kubis. Beberapa jenis makanan tersebut mengandung raffinose yang memicu kita untuk buang gas lebih sering dan berbau tidak sedap. Jenis raffinose merupakan jenis zat yang lebih sulit dicerna oleh usus kita.

3. Terlalu banyak udara
Sering kentut juga bisa disebabkan karena terlalu banyak kandungan udara dalam usus kita. Yang membuat banyak kandungan udara dalam usus bisa disebabkan karena makan terlalu cepat, suka makan permen, atau suka konsumsi minuman yang berkarbonasi. Jenis kentut yang disebabkan terlalu banyak udara untungnya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap seperti disebabkan karena faktor makanan.

4. Sulit menyerap nutrisi
Ada beberapa jenis makanan yang setiap orang akan berbeda dalam proses mencernanya. Kondisi sering buang gas juga bisa disebabkan karena faktor terhambatnya proses penyerapan makanan yang terjadi dalam usus.

5. Penyakit
Apabila anda merasakan sering sekali mengalami buang gas secara berlebihan. Disamping itu sering disertai dengan rasa kembung, dan tidak nyaman, maka bisa jadi itu ada masalah penyakit dalam pencernaan kita. Penyakit tersebut bisa diare, sembelit atau yang lebih serius adalah IBS ( Irritable Bowel Syndrome).


Artikel Terkait : Tips Mudah Mencegah Perut Kembung
Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas, jenis makanan yang bisa memicu sering kentut, sering kentut apakah tidak berbahaya

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar