> Apakah Benar Orang Yang Sudah Kena Virus DBD Menjadi Kebal ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 09, 2021

Apakah Benar Orang Yang Sudah Kena Virus DBD Menjadi Kebal ?



Hikmahdanhikmah.com – Munculnya kasus DBD belakangan ini membuat banyak masyarakat merasa khawatir. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah benar orang yang sudah kena virus DBD menjadi lebih kebal ?. Secara umum, jika seseorang terinfeksi virus tertentu, maka akan membuat orang tersebut lebih rendah terinfeksi ulang virus yang sama.
Namun pada kasus DBD tidak demikian. Orang yang sudah pernah terinfeksi virus DBD masih kemungkinan besar terkena kembali. Hal ini dikarenakan virus dengue mempunyai beberapa macam serotipe yang berbeda-beda. Virus dengue memiliki empat macam serotipe yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4.

Secara normal kalau seseorang pernah terserang virus dengue dengan jenis serotipe tertentu, maka antibodi tubuh akan berusaha membuat pertahanan tubuh sesuai dengan jenis serotipe tersebut. Nah kalau ternyata seseorang digigit nyamuk yang membawa virus DBD jenis serotipe yang berbeda, maka kemungkinan besar seseorang tersebut akan terinfeksi virus dengue.
Kita tahu bahwa penularan virus DBD disebarkan oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Jenis nyamuk yang sering membawa virus tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypti.
Jenis penyakit DBD tergolong penyakit yang cukup banyak penderitanya. Dari catatan WHO, dalam setiap tahunnya terdapat 390 juta kasus.

Dalam dunia kedokteran, kembalinya seseorang terinfeksi virus yang sama disebut dengan secondery infection. Jika mereka kembali terinfeksi DBD, maka pasien akan mengalami gejala kepala pusing, demam, nyeri pada mata, pegal-pegal. Jika dilakukan pemeriksaan darah lengkap, maka terjadi penurunan jumlah trombosit kurang dari 150.000 per mikroliter darah. Sementara itu untuk hematokritnya mengalami peningkatan sampai 5-10 persen.

Untuk itu dihimbau kepada para mantan penderita DBD untuk tetap waspada kemungkinan terinfeksi kembali virus yang sama. Sangat penting untuk melakukan pencegahan mulai dari menjaga kebersihan, hindari gigitan nyamuk, serta banyak beraktifitas pada pagi dan sore hari yang menjadi waktu penularan virus dengue oleh karena gigitan nyamuk.


Artikel Terkait : 6 Cara Mudah Mencegah Penyakit DBD

Apakah Benar Orang Yang Sudah Kena Virus DBD Menjadi Kebal, bisakah orang terkena virus DBD dua kali, mengapa ada orang yang menderita DBD dua kali

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar