> Magnesium Mempunyai Peranan Yang Penting Bagi Tubuh Manusia - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 07, 2021

Magnesium Mempunyai Peranan Yang Penting Bagi Tubuh Manusia



Hikmahdanhikmahcom – Banyak orang yang melewatkan magnesium yang ternyata mempunyai peranan yang penting bagi tubuh manusia. Magnesium sangat penting dalam pembentukan tulang yang kuat selain kalsium. Sebenarnya tubuh kita bisa menghasilkan magnesium secara alami, namun jika jumlahnya kurang maka sangat disarankan untuk mendapatkannya dari konsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium.

Bukan hanya itu saja, magnesium juga sangat dibutuhkan oleh banyak organ tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Saraf dan otot akan bisa bekerja dengan maksimal jika terdapat kandungan magnesium yang cukup dalam tubuh kita. Asam lambung yang meningkat juga bisa diatasi secara alami dengan adanya magnesium. Selain itu magnesium juga membantu dalam proses pengeluaran feses yang membuat usus semakin sehat. Kebutuhan perhari akan magnesium sebesar 100 mg/hr. Namun secara normal tubuh kita sudah mengandung 20-28 mg magnesium.
Berikut peranan penting magnesium bagi tubuh manusia :

§  Gangguan pencernaan
Bagi anda yang sering mengalami penyakit asam lambung atau nyeri pada ulu hati, maka dengan konsumsi jenis makanan yang mengandung magnesium maka bisa sangat positif. Magnesium dalam tubuh bisa melakukan fungsi seperti antasida yang bisa menekan asam lambung yang meningkat.

§  Mengobati sembelit
Peranan penting magnesium selanjutnya adalah untuk mengobati sembelit. Apabila anda tergolong orang yang sering mengalami sembelit atau konstipasi, maka bisa jadi kadar magnesium kurang dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan kadar magnesium yang cukup akan mampu membuat proses pembuangan feses menjadi lebih lancar.

§  Tekanan darah tinggi selama hamil
Seorang ibu yang sedang hamil dan rentan mengalami peningkatan tekanan darah atau darah tinggi, maka konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung magnesium menjadi pilihan yang baik. Dengan kandungan magnesium yang cukup pada wanita hamil, maka ibu bisa terhindar dari hipertensi dan resiko kejang selama hamil.

§  Baik untuk penderita diabetes
Tahukah kita bahwa, berdasarkan sebuah hasil studi menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kandungan magnesium yang cukup, maka bisa menurunkan resiko penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan magnesium berperan penting dalam metabolisme karbohidrat dan glukosa yang menjadi pemicu seseorang mengalami diabetes.

§  Berperan dalam pembentukan tulang
Manfaat magnesium selanjutnya adalah sangat penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Magnesium mempunyai peranan mengaktifkan vitamin D yang berperan penting dalam membentuk tulang yang sehat dan kuat.
Jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, maka bisa menurunkan resiko penyakit tulang seperti osteoporosis yang sering terjadi pada usia menopause.

§  Berguna menjaga kesehatan jantung
Dengan kandungan magnesium yang cukup, maka berdasarkan sebuah hasil penelitian bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini berhubungan dengan fungsi magnesium yang baik bagi otot serta mampu mengendalikan tekanan darah agar tidak mengalami hipertensi. Kita tahu bahwa salah satu penyebab penyakit jantung adalah disebabkan karena tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Makanan Sumber Magnesium Alami
Untuk mendapatkan asupan magnesium yang cukup bagi tubuh kita, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan alami berikut. Dengan konsumsi makanan yang alami, maka tubuh kita akan lebih aman tanpa ada efek samping.

§  Bayam
Tidak bisa dipungkiri bahwa sayuran hijau yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu kandungan bayam yang memiliki banyak manfaat adalah magnesium.

§  Kacang tanah
Jenis makanan selanjutnya yang banyak mengandung magnesium adalah kacang tanah. Jika anda tidak mau mengkonsumsi secara langsung, maka bisa memilih jenis makanan olahan yang mengandung kacang tanah seperti selai roti kacang.

§  Tahu
Tahu ternyata mengandung 37 magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jenis makanan ini sangat mudah kita dapatkan karena menjadi salah satu menu makanan favorit masyarakat Indonesia.

§  Almond
Jika anda hobi ngemil, maka bisa memilih cemilan kacang almond yang kaya akan kandungan magnesium. Dalam 28 gram kacang almond akan mengandung magnesium sebanyak 80 mg.
Itulah beberapa peranan penting magnesium bagi tubuh manusia. ayo mulai sekarang budayakan konsumsi makanan yang sehat yang salah satunya mengandung magnesium yang cukup.


Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Menggantikan Nasi Sebagai Sumber Karbohidrat
apa manfaat magnesium bagi kesehatan, Magnesium Mempunyai Peranan Yang Penting Bagi Tubuh Manusia, makanan yang banyak mengandung magnesium

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar