> Mengenal Jenis Ikan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 25, 2021

Mengenal Jenis Ikan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan


Hikmahdanhikmah.com – Dibalik kandungan lemak sehat yang banyak terdapat pada ikan, ternyata ada jenis ikan yang juga berbahaya bagi kesehatan. Selama ini kita mengenal bahwa konsumsi ikan akan mendapatkan banyak kandungan lemak sehat omega-3 yang sangat bagus bagi tubuh. Ternyata ada kandungan dalam ikan yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Sekarang ini kita melihat bahwa ekosistem di laut terancam yang diakibatkan oleh penangkapan jenis ikan yang dilakukan secara berlebihan. Hal ini di picu oleh karena banyaknya permintaan akan jenis ikan tertentu yang memberikan rasa yang lezat.

Meskipun secara hasil laboratorium jenis ikan ini memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, namun karena kondisi laut kita yang semakin hari semakin tercemar membuat banyak ikan mengandung zat yang merugikan bagi kesehatan manusia.

Daging dan sirip ikan hiu
Jenis ikan pertama yang diduga berbahaya bagi kesehatan adalah daging dan sirip ikan hiu. Kita tahu bahwa penangkapan jenis ikan hiu akhir-akhir ini dilakukan secara besar-besaran dikarenakan banyaknya permintaan akan daging serta sirip ikan hiu. Kondisi ini akan membuat ekosistem ikan di laut menjadi tidak seimbang yang membuat populasi ikan predator menjadi menurun. Kondisi ini banyak ahli yang menilai akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan sebuah data dari CNN yang dilakukan selama 20 tahun, menyatakan bahwa kandungan merkuri pada daging ikan hiu dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Konsumsi merkuri akan berdampak serius bagi kesehatan misalnya kebutaan, hilangnya kemampuan kordinasi tubuh, dan resiko kematian.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Yang menyebabkan ikan hiu mengandung banyak merkuri adalah disebabkan karena banyaknya ikan kecil yang dimakan yang mengandung merkuri. Bahkan menurut FDA, kandungan merkuri pada daging ikan hiu telah melebihi batas normal yang artinya berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bukan ikan hiu saja yang banyak mengandung merkuri, menurut data EPA pada tahun 2004 mengatakan bahwa ada jenis ikan lain yang juga banyak mengandung merkuri misalnya ikan todak (swordish), tilefish dan king mackerel.

Ikan jenis orange roughy
Sudah pernah dengar ikan jenis orange roughy ?. Ya jenis ikan ini sering sekali kita jumpai pada restoran seofood. Tahukah kita bahwa berdasarkan Environmental Defense Fund mengatakan bahwa jenis ikan orange roughy adalah jenis ikan yang banyak mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan.
ikan jenis ini saat ini sudah agak sulit kita jumpai karena penangkapan yang dilakukan secara berlebihan. Ikan jenis ini juga dikenal dengan ikan yang hidup pada air dalam laut.

Tuna
Jenis ikan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan adalah jenis ikan tuna. Ikan tuna merupakan jenis ikan yang banyak diminati oleh orang Jepang. Bahkan di Jepang jenis ikan ini dikenal dengan sebutan ‘hon-maguro’. Namun ikan tuna saat ini bisa dibilang agak langka karena banyaknya penangkapan.

Konsumsi berlebihan pada jenis ikan tuna, akan membuat keberadaan ikan ini punah dari laut. Sebaiknya anda lebih memilih jenis ikan yang lain seperti ekor kuning, pacific yellowfin, atau ikan tuna kalengan.


Artikel Terkait : Apakah Suplemen Minyak Ikan Penting Kita Konsumsi ?

beberapa ikan yang berbahaya jika dikonsumsi, jenis ikan yang berbahaya jika dikonsumsi, Mengenal Jenis Ikan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar