> Tips Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Sembelit - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 14, 2021

Tips Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Sembelit



Hikmahdanhikmah.com – Sembelit pada bayi merupakan masalah yang sering terjadi. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi masih sensitif sehingga sering terjadi masalah pada pencernaan seperti sembelit. Untuk mencegah bayi agar tidak mudah sembelit, para ibu dituntut memiliki pengetahuan yang cukup tentang pencernaan pada bayi.

Masalah pencernaan yang sering terjadi pada bayi bukan hanya sembelit saja, ada beberapa masalah lain seperti diare dan buang gas berlebihan yang sering membuat perut bayi menjadi kembung. Saat bayi mengalami gangguan pencernaan maka akan membuat bayi rewel.

Menurut seorang Dokter Spesialis anak yang bernama Dr.Badriul Hegar, Sp. A (K) mengatakan bahwa sensitifnya pencernaan bayi baru lahir sampai pada usia satu bulan merupakan hal yang wajar karena faktor fisiologis. Hal ini terjadi karena belum seimbangnya enzin yang terdapat pada saluran cerna bayi.

Keluhan bayi yang baru lahir yang mengalami sembelit biasanya disebabkan karena bayi mengkonsumsi susu formula. Sedangkan bayi yang mengkonsumsi ASI jarang terjadi. Hal ini dinilai wajar karena enzim laktase pada saluran bayi yang baru lahir belum maksimal sehingga proses pencernaan makanan kurang maksimal. Namun menurut para dokter hal ini tidak berlangsung lama. Setelah usia bayi lebih satu bulan, maka keluhan pencernaan akan berkurang atau hilang.


Saat seorang bayi yang mengalami sembelit atau konstipasi, maka akan membuat frekuensi buang air besar bayi menjadi tidak teratur atau jarang. Hal ini akan membuat seorang bayi menjadi rewel yang membuat seorang ibu panik.

Saat kita melihat ekspresi wajah bayi saat berusaha buang air besar, maka akan terlihat memerah. Hal ini disebabkan karena proses mengejan yang berlebih namun feses yang dikeluarkan hanya sedikit. Bagi sang ibu melihat hal ini pasti tidak akan tega.

Selain rewel, bayi yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi akan mengganggu jam tidur bayi. Bayi akan lebih cenderung rewel sehingga membuat waktu tidur bayi akan berkurang. Untuk itu jika bayi menderita sembelit atau konstipasi, maka sangat disarankan untuk segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Untuk menghindarkan bayi mengalami sembelit atau konstipasi, maka seorang ibu harus memperhatikan asupan makan bayi. Kalau bayi masih minum susu atau ASI, maka seorang ibu harus memperhatikan makanan yang ibu konsumsi. Ibu harus banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Jika bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, maka buah-buahan bisa menjadi pilihan serat yang sehat bagi bayi.

Selain beberapa tips diatas, untuk mencegah agar bayi tidak mengalami sembelit atau konstipasi adalah dengan cara memberikan cairan yang cukup kepada bayi. Bisa dengan cara memberikan ASI atau susu yang cukup kepada bayi.

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Gumoh

bagaimana cara mencengah agar bayi tidak sembelit, mengapa bayi sering mengalami sembelit, Tips Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Sembelit

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar