Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mazhab dalam Islam berikut definisinya

Mazhab dalam Islam 


Hikmahdanhikmah.com - Mazhab adalah kumpulan hukum-hukum dan masalah-masalah yang dikeluarkan dari dalil-dalil agama Islam oleh para mujtahid.

Ketika Rasulullah SAW masih hidup, orang-orang muslim menanyakan dan mempelajari berbagai macam masalah (yang berkaitan dengan agama Islam) dari Rasulullah SAW secara langsung. Setelah Rasulullah SAW wafat, mereka belajar kepada para pembesar sahabat. Semua imam mazhab mempelajari masalah-masalah agama dari para sahabat dan tabi’in, lalu mereka mengumpulkan hukum-hukum tersebut. Ketika terdapat masalah yang tidak ditemukan jawabannya di dalam Al-Quran, hadis, dan ijmak, mereka akan melakukan kias dan ijtihad. Seperti itulah awal mula munculnya mazhab.

Mazhab terbagi menjadi dua, yaitu mazhab dari segi akidah dan mazhab dari segi amal (fikih).

Mazhab yang benar dari segi akidah adalah mazhab Ahlussunah wal Jamaah. Mazhab ini adalah mazhab orang-orang yang mengikuti Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Imam mazhab Ahlussunah wal Jamaah dari segi akidah ada dua.

Pertama, Imam Abu Mansur Muhammad Maturidi RH yang lahir di desa Maturidi, kota Samarkand, Turkistan (sekarang Uzbekistan) pada tahun 280 H (894 M) dan wafat pada tahun 333 H (945 M) di kota Samarkand.

Kedua, Imam Abu Hasan Al-Asy’ari RH yang lahir di kota Basrah pada tahun 260 H (873 M) dan wafat di Baghdad pada tahun 324 H (936 M).

Mazhab Ahlussunah wal Jamaah dari segi amal (fikih) ada empat.

Mazhab Hanafi: Imamnya adalah Imam Abu Hanifah RH. Nama aslinya adalah Nu’man dan ayahnya bernama Tsabit. Beliau lahir di Kufah pada tahun 80 H (699 M) dan wafat di Baghdad pada tahun 150 H (767 M).

Mazhab Maliki: Imamnya adalah Imam Malik bin Anas RH. Beliau lahir di Madinah Al-Munawwarah pada tahun 93 H (711 M), dan wafat di Madinah Al-Munawwarah pada tahun 179 H (795 M).

3) Mazhab Syafi’i: Imamnya adalah Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i RH. Beliau lahir di Gaza pada tahun 150 H (767 M) dan wafat di Mesir pada tahun 204 H (820 M).

4) Mazhab Hanbali: Imamnya adalah Imam Ahmad bin Hanbal RH. Beliau lahir di Baghdad pada tahun 164 H (780 M) dan wafat di Baghdad pada tahun 240 H (855 M). (Rangkuman Agama Islam, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Apa itu Mazhab dalam Islam berikut definisinya"

banner 800x90