Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak orang Shiddiq akan muncul dari Umatku

Banyak orang Shiddiq akan muncul dari Umatku


Hikmahdanhikmah.com
- Pada masa Khalifah Umar RA, ada seorang pemuda gagah yang senantiasa melaksanakan shalat lima waktu di belakang beliau tanpa terputus.

Lalu, ada seorang wanita yang menaruh hati kepada pemuda itu. Wanita itu berkali-kali mengirim kabar kepadanya, tetapi tidak pernah mendapat jawaban. Lalu, wanita itu menceritakan keadaannya kepada seorang wanita tua. Mereka berdua pun menjebaknya. Ketika berjalan di samping pemuda itu, wanita tua itu berkata, “Dombaku lari ke arah sana, aku tidak mampu menangkapnya, tolonglah aku!”

Ketika pemuda itu masuk ke tempat yang ditunjukkannya untuk menangkap dombanya, wanita muda yang telah menunggu di sana langsung mengunci pintu seraya berkata, “Akulah yang membuat perangkap ini terhadapmu.”

Dengan pertolongan Allah SWT, ia tidak melihat sedikit pun ke arah wanita itu. Setelah memahami bahwa memohon dan meminta terus-menerus tidak membuahkan hasil, wanita itu akhirnya berkata, “Aku akan menghinakan dan mempermalukan dirimu dengan cara menjerit.” Ia pun menolak tawaran tidak pantas itu dengan berkata, “Lebih baik menjadi hina di dunia daripada menjadi hina di akhirat.”

Baca juga ; Sesungguhnya kebesaran yang Sebenarnya ada di akhirat.

Tatkala mengerti bahwa dirinya tidak akan mendapatkannya, wanita itu pun berteriak. Atas hal ini, penduduk setempat masuk ke dalam tempat itu, lalu mengikat tangan pemuda itu dan memukulinya. Setelah itu, mereka membawanya ke hadapan Khalifah Umar bin Khattab RA.

Ketika melihatnya dalam keadaan seperti itu, Sayidina Umar RA berdoa, “Wahai Rabb, aku memiliki prasangka baik terhadapnya. Demi kemuliaan kekasih-Mu, Muhammad SAW, janganlah Engkau palingkan aku dari prasangkaku ini!” Setelah itu, beliau memanggilnya ke hadapannya dan berkata, “Wahai pemuda, katakanlah yang sebenarnya kepadaku! Allah SWT adalah penolong hamba-hamba-Nya yang benar.”

Kemudian, ia pun menceritakan seluruh kejadian yang ia alami dari awal. Atas hal ini, Sayidina Umar RA memerintahkan seluruh wanita tua agar keluar dari rumahnya. Ketika wanita tua yang membantu dalam menjebaknya datang, pemuda itu pun mengenalinya. 

Wanita tua tersebut yang telah ketakutan di hadapan Sayidina Umar RA akhirnya mengaku bahwa dirinya melakukan hal itu dengan sedikit imbalan uang. 

Kemudian, Sayidina Umar RA bangkit dan melepas tali di tangannya, lalu menghapus darah di kepalanya sambil berkata, “Alhamdulillah, rahasia hadis syarif Rasulullah SAW terbukti di masa kita. Sebab, Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Akan muncul banyak orang shiddiq dari umatku yang akan menjaga diri mereka dari perempuan asing (yang bukan mahramnya) sebagaimana saudaraku, Yusuf, menjaga dirinya dari Zulaikha.”

Baca juga: nasihat jaga diri.

Setelah itu, dengan perintah Sayidina Umar RA, kedua wanita tersebut diasingkan dari kota. (Menakıb-ı Çehar Yar-ı Güzin)

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Banyak orang Shiddiq akan muncul dari Umatku"

banner 800x90