Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Penyebutan Nabi Ibrahim as Pada shalawat setelah Tahiyat

Hikmah Penyebutan Nabi Ibrahim as Pada shalawat setelah Tahiyat


Hikmahdanhikmah.com - Penyebutan nama Nabi Ibrahim AS dengan bacaan Kamā shallaita ‘alā sayyidinā Ibrāhīm setelah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dalam setiap shalat memiliki banyak hikmah.

 Nabi Ibrahim AS merasa kagum terhadap umat Nabi Muhammad SAW karena mereka disebutkan dan dipuji dalam 10 suhuf yang diturunkan kepada beliau, lalu beliau meminta kepada Allah SWT agar dirinya dikenang dengan kebaikan di lisan umat Nabi Muhammad SAW.

Sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa-doa Nabi Ibrahim AS dalam Al-Quran (yang artinya), “Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi umat-umat (yang datang) kemudian.” (QS Asy-Syu’ara: 84). Kemudian, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Ibrahim AS seraya berjanji, “Aku akan menyuruh umat Nabi Muhammad untuk menyebut namamu pada shalawat yang mereka baca untuk kekasih-Ku, Muhammad.”

Ketika mengajarkan shalawat kepada umatnya, Rasulullah SAW juga memerintahkan mereka agar menyebutkan Kamā shallaita ‘alā sayyidinā Ibrāhīm.”

EMPAT HAL YANG HARUS ADA PADA SETIAP ORANG


Sungguh empat hal berikut harus ada pada setiap orang yang ingin selalu berada dalam jalan yang benar, yaitu

Akidah yang sahih. Sebab, akidah berarti iman. Tatkala iman tidak sahih, tidak ada satu pun ibadah yang akan diterima.

Taubat dengan taubat nasuha. Sebagaimana air yang mengalir tidak akan kembali ke tempat asalnya, orang yang melakukan taubat nasuha pun tidak akan kembali pada dosa-dosanya.

Berusaha agar tidak ada hak seorang pun pada dirinya. Untuk mencapai hal ini, seseorang harus membuat siapa pun yang haknya telah ia ambil mengikhlaskan dan menghalalkan haknya.

Menuntut ilmu syariat hingga dapat menjalankan perintah-perintah Allah SWT. Namun, ilmu yang dipelajari seseorang sebatas ini hanyalah merupakan ilmu yang dapat menyelamatkan orang tersebut.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Hikmah Penyebutan Nabi Ibrahim as Pada shalawat setelah Tahiyat"

banner 800x90