Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah keberadaan dan keabadian kehidupan Akhirat

Hikmah keberadaan dan keabadian kehidupan Akhirat

Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT itu azali, abadi, dan kekuasaan-Nya tidak terbatas. Terdapat banyak hikmah dalam setiap pekerjaan-Nya. Sifat penciptaan yang dimiliki-Nya akan terus berlanjut.

Allah SWT menciptakan manusia yang Dia jadikan sebagai sebuah golongan istimewa yang ditugaskan melakukan berbagai kewajiban dan ibadah di alam ini. Apakah seluruh manusia dan makhluk lainnya ini diciptakan tanpa tujuan? Apakah mereka diciptakan dalam bentuk yang sangat sempurna hanya untuk hidup dalam waktu tertentu kemudian musnah seluruhnya? Tidak, tidak! Pemikiran semacam itu bertentangan dengan nurani manusia. Hikmah yang muncul pada segala sesuatu bertentangan dengan hal ini.

Sesungguhnya manusia didatangkan ke alam dunia ini untuk sebuah ujian. Mereka diciptakan agar kelak di akhirat yang abadi meraih hasil dari amal perbuatan baik atau buruk yang mereka perbuat di alam ini. Di dunia ini, setiap orang tidak merasa cukup atas balasan dari perbuatan yang dilakukannya. Begitu banyak orang saleh yang mulia hidup dalam kesengsaraan dan begitu banyak orang yang sesat dan suka bermaksiat hidup dalam kesejahteraan dan tidak memperoleh hukuman dari perbuatan buruknya (di dunia).

Oleh karena itu, terdapat sebuah alam yang keadilan Ilahi akan diperlihatkan dengan sempurna. Di sana semua orang akan memperoleh balasan amal perbuatannya dengan sempurna.
Perlu diketahui juga bahwa manusia dan makhluk yang mukalaf lainnya di dunia ini terbagi menjadi dua bagian.

Sebagian mereka melakukan tugas-tugasnya. Oleh karena itu, pahala mereka akan abadi dalam kehidupan akhirat.

Adapun sebagian lainnya tidak menjalankan tugas-tugasnya, melupakan Rabbnya, mengikuti keinginannya sendiri, dan tidak pernah meninggalkan jalan kesesatan yang ditempuhnya, bahkan seandainya mereka hidup milyaran tahun pun, mereka tetap tidak akan meninggalkan keyakinan dan keingkarannya. Oleh karena itu, hukuman mereka pun akan abadi sebagaimana kekukuhan mereka sehingga mereka akan ditimpa azab yang abadi di akhirat.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Hikmah keberadaan dan keabadian kehidupan Akhirat"

banner 800x90