Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inti Segala sesuatu itu adalah ilmu

Inti segala sesuatu itu adalah ilmu

Hikmahdanhikmah.com - Rasulullah SAW bersabda,“Jadilah engkau seorang alim, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai mereka. Janganlah engkau menjadi orang yang kelima agar engkau tidak celaka.”

Sufyan Ats-Tsauri RH berkata, “Syarat pertama menuntut ilmu adalah diam, kedua, mendengarkan, ketiga, menghafal, keempat, beramal dengan ilmu tersebut, dan kelima, menyebarkan atau mengajarkannya kepada orang lain.”

Dikatakan bahwasanya terdapat tiga kelompok yang akan merasa paling rugi di hari kiamat nanti, yaitu

Seseorang yang memiliki budak yang mengerjakan amal saleh, lalu budaknya itu berada di surga, sedangkan ia berada di neraka.

Orang yang mengumpulkan harta dunia tetapi tidak memperhatikan hak-hak Allah SWT, yakni tidak mengeluarkan zakat dan sedekahnya, hingga akhirnya ia meninggal dalam keadaan seperti itu. Adapun para ahli warisnya menginfakkan harta yang diwariskan itu di jalan Allah, lalu mereka pun selamat. Sementara itu, orang yang mengumpulkan harta berada di neraka.

Seorang alim yang tidak beramal dengan ilmunya tetapi menasihati orang-orang. Orang-orang yang dinasihatinya akan (mengamalkannya sehingga) selamat dengan sebab ilmunya, sedangkan ia akan berada di neraka karena tidak beramal dengan ilmunya.

ANEKDOT: HANYA ORANG GILA YANG MAMPU MENGATASI ORANG GILA


Suatu hari, salah seorang gila naik ke atas menara yang pintunya terbuka. Meskipun orang-orang sudah banyak berbicara dengannya, mereka tetap tidak berhasil membuatnya turun. Ia pun membuat seorang muazin, yang harus naik ke atas menara untuk mengumandangkan azan, merasa panik. Akhirnya, masyarakat berkumpul dan mulai berpikir bersama untuk menemukan solusinya.

Salah seorang gila lainnya yang kebetulan lewat menghampiri kerumunan tersebut. Setelah kejadian itu diceritakan kepadanya, ia meminta sebuah pisau. Pisau pun diberikan kepadanya. Tidak ada yang berbicara sepatah kata pun. Ia mulai menggesekkan pisaunya seakan-akan sedang memotong menaranya dari bawah. Alhasil, orang gila yang berada di atas menara langsung turun karena merasa takut akan terjatuh akibat menara dipotong. Muazin dan masyarakat pun terbebas dari rasa panik.

Sumber artikel;Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Inti Segala sesuatu itu adalah ilmu"

banner 800x90