> Nasihat-Nasihat untuk Para Pedagang dalam mencari keuntungan - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 26, 2021

Nasihat-Nasihat untuk Para Pedagang dalam mencari keuntungan

Nasihat-Nasihat untuk Para Pedagang


Hikmahdanhikmah.com - Fakih Abu Laits As-Samarqandi RH berkata, “Seseorang yang ingin penghasilannya halal dan bersih harus memperhatikan lima hal berikut.

Ketika berusaha mendapatkan keuntungan, seorang pedagang tidak boleh menunda segala sesuatu yang telah difardukan oleh Allah SWT dan sama sekali tidak boleh kurang dalam melaksanakan hal tersebut.

Tidak menyakiti satu pun makhluk Allah SWT demi men-dapatkan keuntungan.

Tujuan mendapatkan keuntungan haruslah agar dirinya dan keluarganya tidak jatuh dalam keadaan membutuhkan bantuan orang lain, bukan untuk mengumpulkan dan memperbanyak harta semata demi memenuhi ambisi-ambisi duniawinya.

Seorang pedagang tidak boleh menyulitkan dirinya dan bekerja di luar batas kemampuannya demi mendapatkan keuntungan.

Seorang pedagang harus mengetahui bahwa rezeki itu bukan dari hasil kerjanya dan yang memberikan rezeki adalah Allah SWT, tetapi ia juga harus mengetahui bahwa bekerja adalah sebab datangnya rezeki.

Seorang ahli hikmah berkata, “Selama tiga hal berikut tidak ada pada diri seorang pedagang, ia akan terus mengalami kefakiran di dunia dan akhirat, yaitu

Menjaga lisannya dari tiga hal, yaitu berbohong, berkata-kata yang tidak bermanfaat atau bermakna, dan banyak melakukan sumpah.

Menjaga hatinya dari tiga hal, yaitu menipu orang-orang yang memercayai dirinya, berkhianat, dan dengki.

Melakukan tiga hal, yaitu melaksanakan shalat Jumat dan shalat fardu berjamaah, mempelajari ilmu-ilmu yang diperlukan untuk agamanya, dan menempatkan ridha Allah SWT di atas ridha makhluk-makhluk-Nya.

Sumber artikel : Fazilet takvimi


Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar