> Segala sesuatu yang Muncul Sebagai Bid'ah adalah kesesatan - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 29, 2021

Segala sesuatu yang Muncul Sebagai Bid'ah adalah kesesatan



Hikmahdanhikmah.com - Bid’ah adalah segala sesuatu yang tidak ada pada masa Rasulullah SAW dan para sahabat, lalu dimunculkan atas nama agama. Dalam istilah lainnya, bid’ah adalah memasukkan sebuah hukum yang tidak ada pada agama ke dalam agama atau mengeluarkan sebuah hukum yang ada dalam agama.

Segala sesuatu yang baru muncul dan tidak dilakukan oleh para sahabat dan tabi’in serta tidak bersandar pada dalil syariat termasuk ke dalam perbuatan bid’ah.

Para pengikut berbagai kelompok Islam selain Ahlussunah wal Jamaah disebut “Ahli Bid’ah”. Selama ahli bid’ah menjauhi perbuatan-perbuatan atau perkataan-perkataan yang dapat menjerumuskannya ke dalam kekufuran, ia tetap termasuk ahli kiblat dan tidak boleh dianggap kafir. Ahli kiblat adalah orang-orang yang mengucapkan kalimat syahadat serta membenarkan agama Islam, yakni hal-hal yang wajib diketahui dalam agama Islam dengan yakin (tanpa keraguan).

Salah seorang murid Muadz bin Jabal RA, Yazid bin Umairah RH, berkata, “Kapan pun Muadz bin Jabal RA duduk dalam sebuah majelis ceramah, ia pasti akan mengatakan hal ini, ‘Allah SWT adalah Mahaadil dan Mahabijaksana. Barang siapa memiliki keraguan dalam hal ini, pasti ia akan celaka.’”

Selain itu, suatu hari Muadz bin Jabal RA pernah berkata, “Sungguh, setelah (zaman) kalian akan muncul berbagai macam fitnah. Pada saat itu, harta akan bertambah banyak, Al-Quranul Karim akan dibuka dan dibaca, bahkan ia akan dibaca oleh semua orang (tetapi tidak diamalkan), baik orang mukmin, munafik, laki-laki, perempuan, anak-anak, orang dewasa, budak, maupun orang merdeka.

Tidak lama kemudian, salah seorang di antara mereka berkata kepada dirinya sendiri, ‘Apakah yang terjadi dengan orang-orang? Mengapa mereka tidak mengikutiku? Padahal, aku telah membaca Al-Quranul Karim. Berarti selama aku belum meninggalkan Al-Quran dan belum mengeluarkan sebuah bid’ah, mereka tidak akan mengikutiku.’” Hindarilah perbuatan bid’ah yang akan dikeluarkan orang itu. Sebab, segala sesuatu yang muncul sebagai bid’ah adalah kesesatan.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar