> Syekh Muhammad Mazhar Isyan Jan Janaan KS - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 24, 2021

Syekh Muhammad Mazhar Isyan Jan Janaan KS



Hikmahdanhikmah.com - Syekh Muhammad Mazhar Isyan Jan Janaan KS yang merupakan mata rantai ke-31 dalam silsilah saadat adalah putra bungsu Syekh Ahmad Said KS. Beliau lahir pada tanggal 3 Jumadil Awal 1248 H (1832 M) di kota Delhi. Kakeknya yang bernama Syekh Abu Said KS memberinya nama “Mazhar Muhammad”.

Kakeknya sangat mencintainya dan selalu berkata, “Dalam waktu dekat, kedudukan anak ini akan menjadi luhur dan cahayanya akan tersebar luas.” Saat kakeknya mengatakan hal ini, Syekh Muhammad Mazhar KS baru berusia satu tahun. Setelah hal itu terjadi, Syekh Muhammad Mazhar KS berkata, “Aku telah menunggu hal ini. Hal ini terjadi tepat setelah tiga puluh tiga tahun.”

Beliau telah hafal Al-Quranul Karim dalam usia sembilan tahun. Beliau juga telah mempelajari kitab-kitab dari ayahnya terkait dengan ilmu-ilmu alat, seperti nahwu sharaf, dan karya-karya tentang ilmu agama dan ilmu tasawuf. Di samping itu, beliau juga telah mempelajari tarekat ‘aliyah dari ayahnya sejak masih kecil. Tatkala berusia 22 tahun, beliau berhasil menyelesaikan pendidikannya yang mencakup ilmu-ilmu lahir dan batin, lalu mendapatkan ijazah.

Ketika keinginannya untuk mengunjungi Haramain Syarifain memuncak, beliau pun meminta izin kepada ayahnya. Setelah mengunjungi Haramain Syarifain, beliau mendapatkan berbagai macam pertolongan dan karamah dari Rasulullah SAW. Akhirnya, beliau dapat mencapai tujuannya dan kembali lagi ke Delhi untuk berkhidmah kepada ayahnya dalam keadaan bahagia. 

Setelah itu, karena terjadi beberapa peristiwa di kota Delhi, beliau bersama ayahnya berhijrah ke Haramain Syarifain. Mereka melakukan kegiatan irsyadnya terkadang di Makkah Al-Mukarramah, Thaif, dan Madinah Al-Munawwarah. Sepeninggal ayahnya, beliau menduduki makam irsyad dalam usia 29 tahun.

Atas karunia Allah SWT dan usaha kerasnya, beliau mendirikan madrasah tiga tingkat di Babul Baqi, Madinah Al-Munawwarah. Di madrasah tersebut terdapat perpustakaan yang memiliki lima ribu jilid kitab serta pondok yang di dalamnya terdapat tujuh puluh ruangan.

Muhammad Murad Kazani RH yang telah menerjemahkan kitab Maktubat Syarifah karya Imam Rabbani KS ke dalam bahasa Arab adalah salah satu muridnya.

Beliau wafat pada tanggal 12 Muharam 1301 H (1883 M). Setelah dishalatkan oleh begitu banyak jamaah, beliau dimakamkan di Jannatul Baqi di dekat makam ayahnya. (Silsilah Saadat, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar