November 27, 2021

Teladan-Teladan Adab itu Semua bersumber dari Rasulullah SAW



Hikmahdanhikmah.com - Adab adalah segala hal dan perbuatan yang sesuai dengan akal dan syariat. Dalam definisi lainnya, adab adalah akhlak terpuji yang membuat seseorang menjadi layak mendapatkan pujian dan kebaikan serta melindunginya agar tidak terjatuh pada keadaan yang memalukan.

Adab dapat memperindah penampilan lahir batin dan luar dalam serta menghiasinya dengan akhlak yang baik. Pada diri seorang hamba, adab hanya dapat disempurnakan dengan cara menyempurnakan akhlak-akhlak terpuji.

Semua adab diambil dari Rasulullah SAW. Sebab, semua adab, baik yang lahir maupun yang batin, terkumpul dalam diri beliau.

Seorang ahli hikmah berkata, “Ilmu dipelajari dengan adab, amal diperbaiki dengan ilmu, dan hanya dengan amallah hikmah dapat diraih.”

Sariyus Saqathi RH berkata, “Suatu hari, aku duduk di mihrab sambil meluruskan kedua kakiku. Seketika itu, terdengar sebuah suara yang berbunyi, ‘Apakah kau bisa duduk seperti ini di hadapan para raja?’ Aku pun berkata, ‘Aku bersumpah tidak akan lagi duduk sembari meluruskan kedua kakiku.’” Sariyus Saqathi RH tidak pernah lagi meluruskan kedua kakinya, baik siang maupun malam hari, hingga akhir hayatnya.

Seseorang mendatangi salah seorang ulama Syam, Burhanuddin Al-Biqa’i RH, dan memintanya agar mengajarkan ilmu kepadanya. Maka, Al-Biqa’i RH memasukkan orang tersebut ke dalam majelis ilmunya. Akan tetapi, ketika melihat orang tersebut duduk bersila, beliau berkata, “Kau lebih membutuhkan adab daripada ilmu.”

DAPUR KITA: Gado-Gado Betawi


Bahan-bahan: 50 gr taoge yang telah direbus, 150 gr kangkung yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil, 150 gr bayam yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil, 200 gr pare yang telah dibuang bijinya dan direbus, 1 potong tahu putih yang telah digoreng, 1 potong tempe yang telah digoreng, 1-2 sdm bawang goreng, 3 butir telur rebus yang telah dikupas, emping, dan kerupuk goreng.

Bahan-bahan untuk membuat bumbu sambal kacangnya: 200 gr kacang tanah, 2 buah cabai merah (sesuai selera), 5 buah cabai rawit, 1 sdt garam, ½ sdt terasi, 1 sdm gula merah, dan 200 ml air matang.

Cara membuat: Kupas kulit kacang kemudian sangrai. Setelah matang haluskan. Kemudian, rebus kacang, cabai merah serta cabai rawit yang sudah digoreng, terasi, gula merah dan garam hingga mendidih untuk sambal sausnya, lalu angkat dan sisihkan. Rebus bahan-bahan sayuran, seperti bayam, kangkung, pare, dan telur. Goreng tahu dan tempenya. Lalu, hidangkan di piring, tambahkan sayur-sayuran dan potongan telur. Kemudian taburi bawang goreng dan remasan kerupuk atau emping di atasnya. Siram dengan sambal kacang. Gado-gado siap disantap.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar