> Ada Banyak Manfaat Konsumsi Mentimun Yang Banyak Orang Belum Tahu - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 12, 2021

Ada Banyak Manfaat Konsumsi Mentimun Yang Banyak Orang Belum Tahu



Hikmahdanhikmah.com – Sayuran yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan timun ini ternyata mempunyai banyak manfaat yang masih belum banyak orang tahu. Kandungan yang bermanfaat pada mentimun, tidak membuat sayuran ini menjadi menu utama dalam sehari-hari. Kebanyakan masyarakat kita menganggap mentimun sebagai menu pelengkap seperti lalapan atau acar saja.
Dengan mengkonsumsi timun, maka kita bisa terhindar dari kondisi dehidrasi. Hal ini disebabkan karena mentimun kaya akan kandungan air yang tinggi. Bukan hanya air saja, ternyata mentimun juga banyak mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat konsumsi mentimun bagi kesehatan yang masih belum banyak orang tahu :

1. Kesehatan kulit dan rambut
Manfaat pertama mentimun bagi kesehatan manusia adalah berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bagi kita yang banyak melakukan aktivitas diluar rumah yang beresiko terpapar sinar matahari yang bisa membuat kulit kita iritasi, maka kita bisa memanfaatkan kulit mentimun dengan cara menggosokkan ke permukaan kulit kita.
Selain itu kandungan sulfur dan silikon yang cukup tinggi pada mentimun, membuat mentimun bagus bagi kesehatan rambut terutama untuk pertumbuhan rambut.

2. Mengontrol kadar gula darah
Banyak orang yang belum tahu kalau sering konsumsi mentimun bisa membuat kadar gula darah kita menjadi stabil. Artinya ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes maupun untuk pencegahan. Saat kita mengkonsumsi mentimun, maka secara alami pankreas akan terdorong untuk memproduksi insulin lebih banyak yang membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil.

3. Melawan Kanker
Manfaat konsumsi mentimun selanjutnya yang masih banyak orang belum tahu adalah bisa mencegah kita terhadap berbagai macam kanker. Hal ini disebabkan karena mentimun mengandung tiga lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol. Dengan kandungan tersebut membuat kita terhindar dari resiko kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium.

4. Mengurangi sakit kepala dan mabuk
Bagi anda yang sering mengalami bangun tidur dengan rasa sakit pada kepala dan terasa seperti mabuk, maka solusi alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan cara konsumsi beberapa iris mentimun sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena mentimun juga kaya akan kandungan vitamin B, elektrolit dan gula yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang mengalami masalah peningkatan kadar kolesterol, maka mentimun bisa menjadi alternatif alami untuk menurunkannya. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa mentimun mengandung sterol yang ternyata berfungsi mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

6. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah yang cenderung tinggi, bisa kita atasi dengan cara konsumsi mentimun. Kandungan magnesium, kalium dan serat pada mentimun membuatnya mampu mengontrol tekanan darah lebih stabil.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan
7. Membantu penurunan berat badan
Bagi anda yang berusaha menurunkan berat badan, konsumsi mentimun bisa menjadi alternatif yang baik. Kita tahu bahwa mentimun mempunyai kandungan kalori yang sedikit sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

8. Meredakan nyeri sendi dan encok
Manfaat konsumsi mentimun yang terakhir yang masih belum banyak orang tahu adalah bisa meredakan nyeri sendi dan encok. Hal ini disebabkan karena mentimun juga mengandung silica yang merupakan nutrisi untuk membuat jaringan sendi semakin kuat. Selain itu mentimun juga mengandung berbagai macam vitamin seperti A, C, D, B1 dan B6.



Artikel Terkait : Inilah Manfaat Konsumsi Lobak Bagi Kesehatan
Ada Banyak Manfaat Konsumsi Mentimun Yang Banyak Orang Belum Tahu, apa saja manfaat mentimun bagi kesehatan, khasiat jus mentimun bagi kesehatan tubuh

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar