> Bahaya Sering Mendengarkan Musik Dengan Keras Bagi Pendengaran - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 21, 2021

Bahaya Sering Mendengarkan Musik Dengan Keras Bagi Pendengaran



Hikmahdanhikmah.com – Sering kita melihat seseorang yang suka mendengarkan musik dengan keras. Padahal kebiasaan seperti ini berbahaya bagi kesehatan pendengaran kita. Biasanya para remaja suka melakukan hal ini. Untuk itu sebagai orang tua dituntut untuk mengontrol kebiasaan anak kita jika sering mendengarkan musik dengan keras.

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah studi yang dilakukan ternyata ada lebih dari seperempat remaja kita suka mendengarkan musik dengan keras. Baik itu menggunakan earphone maupun alat musik yang lainnya. Hasilnya adalah banyak para remaja yang mengalami gangguan pendengaran dini yang membuat daya pendengaran berkurang.

Dalam studi ini telah melibatkan 170 remaja yang berusia antara 11 sampai 17 tahun. Penelitian ini dilakukan disebuah sekolah di Sao Paulo Brasil. Dalam studi ini para peneliti memfokuskan pada efek timbulnya tinitus atau terjadinya infeksi pada telinga yang menyebabkan suara mendengung. Hasil dari studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report.

Para siswa yang terlibat dalam studi ini dilakukan analisa kemampuan pendengaran dalam sebuah ruangan khusus yang dikaitkan dengan kebiasaan para remaja yang suka mendengarkan musik dengan keras dan riwayat terjadinya tinitus.

Hampir semua siswa ternyata mengaku sering mendengarkan musik dengan keras baik menggunakan earphone maupun mendengarkan musik pada acara pesta, konser atau dalam club.

Dari kebiasaan siswa yang sering mendengarkan musik dengan keras tersebut, didapatkan data bahwa lebih dari 70 persen remaja akan mengalami tinitus yang dikategorikan baru atau tinitus yang sering kambuh. Bahkan sekitar 29 persen remaja tersebut mengalami tinitus yang sering kambuh.

Menurut para ahli, apabila kondisi ini dibiarkan saja dilakukan oleh para remaja, maka bisa berdampak lebih buruk lagi bagi kesehatan telinga. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang psikolog sekaligus profesor neuroscience dan perilaku yang berasal dari Mc Master University, Ontario.

Saat seseorang sering mendengarkan musik dengan keras, maka akan terjadi suara dengungan yang terdengar sesaat setelah suara tersebut. Hal ini akan berdampak buruk bagi gendang telinga kita sehingga memicu tinitus.

Artikel Terkait : mengapa saat sedang berada dalam mobil mudah sekali mengantuk

apa bahayanya jika sering mendengarkan musik dengan keras, Bahaya Sering Mendengarkan Musik Dengan Keras Bagi Pendengaran, bisakah tinitus disebabkan karena sering mendengarkan musik dengan keras, dampak buruk sering mendengarkan musik dengan keras

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar