Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT


Hikmahdanhikmah.com - Rukun iman yang ketiga adalah beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. Terkadang, Allah SWT menurunkan kitab-kitab kepada para nabi-Nya untuk memberitahukan segala kehendak, perintah, larangan, dan hikmah-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Allah SWT menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa AS, kitab Zabur kepada Nabi Daud AS, kitab Injil kepada Nabi Isa AS, dan kitab Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Meyakini hal ini adalah fardu. Selain empat kitab suci tersebut, juga terdapat seratus suhuf. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA dikatakan,

“10 suhuf diturunkan kepada Nabi Adam AS, 50 suhuf kepada Nabi Syits AS, 30 suhuf kepada Nabi Idris AS, dan 10 suhuf kepada Nabi Ibrahim AS. Maka, jumlahnya adalah 100 suhuf.”

Seluruh kitab dan suhuf tersebut adalah benar dan merupakan kalam Ilahi. Lafaz dan susunannya merupakan milik Allah SWT, bukan susunan makhluk. Seluruh kitab dan suhuf tersebut turun dengan perantaraan Malaikat Jibril AS.

Al-Quran diturunkan kepada Rasulullah SAW dalam kurun waktu 23 tahun setelah kitab-kitab lainnya dan diturunkan sesuai dengan tuntutan keadaan atau ketika diperlukan hukum tentang suatu masalah. Al-Quran merupakan mukjizat terbesar di antara mukjizat-mukjizat lainnya. Sebab, mukjizat-mukjizat lainnya terbatas oleh waktu, sedangkan Al-Quran akan terus kekal hingga hari kiamat. 

Seluruh makhluk tidak akan sanggup untuk membuat sesuatu yang serupa dengan surat terpendek dalam Al-Quran. Sesungguhnya Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra’ ayat 88 (yang artinya), “Katakanlah, ‘Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa (dengan) Al-Quran ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain.’”

Dahulu para penyair dan ahli sastra bangsa Arab yang sangat masyhur pun tidak dapat menulis dan melantunkan satu syair yang tingkat derajatnya sama dari sisi fashahah dan balaghah dengan surat yang paling pendek, surat Al-Kautsar. Ketika terungkap bahwa orang-orang itu tidak mampu dari segala sisi, dapat dipahamilah bahwa Al-Quran adalah kalam Ilahi. Setelah itu, orang-orang yang menerima hidayah berbondong-bondong menerima dan mengakui kenabian Nabi Muhammad SAW.

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT"

banner 800x90