> Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 06, 2021

Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita


Hikmahdanhikmah.com – Kalau kita melihat ada banyak seorang wanita yang harus bekerja shift malam. Hal ini menjadi sebuah keharusan yang harus dilakukan karena tuntutan sebuah pekerjaan. Ada banyak jenis pekerjaan yang mengharuskan bekerja pada shift malam salah satu contohnya adalah profesi seorang tenaga kesehatan. Tahukah kita ternyata bekerja pada shift malam mempunyai dampak yang buruk bagi seorang wanita.

Bekerja pada malam hari memang dibilang sangat berat. Hal ini dikarenakan secara naluri manusia, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan tidur. Maka tidak heran kita melihat mereka yang bekerja shift malam akan merasakan ngantuk yang berlebih. Mereka memiliki pola hidup yang berbeda karena disaat orang tidur mereka tetap bekerja, namun saat umumnya orang beraktifitas bekerja justru mereka akan tidur.

Lantas apa dampak buruk bagi seorang wanita yang bekerja shift malam ?. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh jurnal Proceedings yang berasal dari National Academy of Sciences menyatakan bahwa seorang wanita yang bekerja shift malam lebih beresiko terhadap kesehatan otak dibandingkan dengan pekerja pria.

Kalau kita menelaah, maka mereka yang melakukan shift malam akan merubah siklus biologis manusia secara total dalam waktu 24 jam. Kondisi ini akan mempengaruhi efek sirkardian tubuh. Hasilnya para wanita yang bekerja shift malam akan mengalami resiko gangguan kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Bukan hanya mengalami gangguan kognitif saja, para wanita yang bekerja shift malam juga menurunkan kesehatan mental mereka, kurang fokus, kontrol motorik menurun dan mengalami penurunan fungsi memori otak.
Ini menjadi sebuah dilema bagi mereka yang mempunyai kebiasaan kerja shift malam. Satu sisi mereka harus tetap bekerja demi menyambung hidup, namun pada sisi lain ada banyak resiko kesehatan yang akan mereka perolah akibat kebiasaan kerja shift malam.

Itulah dampak buruk seorang wanita yang kerja shift malam. Dalam kondisi ini mungkin yang terbaik bagi anda yang mengharuskan bekerja pada malam hari adalah melakukan istirahat yang cukup untuk menggantikan kurang tidur akibat shift malam. Selain itu olahraga secara teratur saat anda libur juga menjadi sangat efektif untuk bisa memulihkan kesehatan anda yang menurun.

Artikel Terkait : Penyebab menguap mudah sekali menular

bahaya shift malam bagi kesehatan, Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita, resiko bekerja shift malam bagi kesehatan wanita

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar