> Kenali 5 Tanda Balita Yang Tergolong Terlalu Aktif - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 29, 2021

Kenali 5 Tanda Balita Yang Tergolong Terlalu Aktif



Hikmahdanhikmah.com – Memiliki seorang anak yang aktif memang sangat menyenangkan. Namun bagaimana jika anak ternyata terlalu aktif ?. Secara normal seorang anak yang sehat akan aktif mulai dari melakukan banyak kegiatan dan bermain. Kondisi seorang anak yang terlalu aktif bisa menjadi tanda kalau anak menderita ADHD.

ADHD merupakan gangguan perilaku dan pemusatan perhatian yang sering terjadi pada anak. Beberapa ciri seorang anak yang patut dicurigai mengalami ADHD adalah jika sulit untuk diatur, tidak bisa fokus, dan mempunyai sikap yang impulsif.

Sebagai orang tua dituntut untuk mengerti tentang ADHD dan tanda-tandanya. Secara umum ada beberapa tanda seorang anak tergolong terlalu aktif dan mengalami ADHD, diantaranya :

1. Senang memanjat
Tanda pertama seorang balita atau anak yang mengalami terlalu aktif dan ADHD adalah senang memanjat. Mereka akan menganggap bahwa lingkungan rumahnya sebagai tempat gymnastic yang bisa anak manfaatkan untuk menyalurkan energi mereka dengan cara suka memanjat, melompat, dan tidak bisa mengontrol saat ada orang dewasa melarang aktivitasnya.

Apabila anak anda ternyata mempunyai sifat yang aktif dan tergolong ‘liar’, maka sangat disarankan untuk dikonsultasikan kepada dokter spesialis tumbuh kembang anak.

2. Sering begadang
Tanda kedua seorang anak yang mengalami ADHD adalah sering begadang. Biasanya anak sering mengalami terbangun saat tidur dan melakukan begadang untuk sibuk melakukan sesuatu yang bergerak. Ini menjadi pertanda perilaku yang salah pada anak kita.

3. Tidak bisa berteman
Seorang anak yang mengalami masalah ADHD kerap mengalami gangguan dalam bersosialisasi. Mereka akan sulit melakukan hubungan sosial kategori normal dengan temannya, misalnya bermain bersama, menunggu giliran bersama teman, dan menghargai barang milik teman. Sebagai orang tua harus mengerti seberapa sering anak mengalami hal yang demikian. Jika dirasa sering, maka sebaiknya mengkonsultasikannya ke dokter.

4. Sering melamun
Tanda ke empat seorang anak yang mengalami gangguan ADHD adalah sering melamun. Apabila ternyata kita mendapati anak kita mempunyai kebiasaan melamun dan jarang mau melakukan bermain dengan temannya, maka bisa jadi anak mengalami tanda-tanda ADHD. Jangan dianggap remah tentang tanda seperti ini.

5. Tak bisa duduk anteng
Bagi anda yang mendapati perilaku anak usia 3 tahun yang tidak bisa duduk tenang, maka sebaiknya mencurigai ada sesuatu yang aneh. Anak dengan gangguan ADHD sering tidak bisa duduk diam dalam jangka yang yang agar lama, mereka cenderung suka berlarian. Apabila diberikan suatu mainan, maka anak akan diam sejenak dan kemudian merusak mainan tersebut dan kembali banyak tingkah.
itulah tips mengenali balita yang tergolong terlalu aktif dan mengalami gangguan ADHD.

Artikel Terkait : Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif

apa tandanya kalau anak terlalu aktif, gejala ADHD pada anak, Kenali 5 Tanda Balita Yang Tergolong Terlalu Aktif, tanda anak yang hiperaktif, tanda anak yang mengalami ADHD

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar