> Memprihatinkan, Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 19, 2021

Memprihatinkan, Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia



Hikmahdanhikmah.com – Sangat memprihatinkan, ternyata jumlah perokok pria Indonesia menempati peringkat satu dunia. Data ini berasal dari The Tobacco Atlas yang dilakukan pada tahun 2015. Dengan data tersebut, berarti sekitar 66 persen pria warga Indonesia adalah perokok. Sebagai warga negara kita pastinya miris mendengar hal ini.
Bukan hanya itu saja, menurut seorang Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan yang bernama Lily Sulistyowati, mengatakan bahwa terdapat dua dari tiga pria Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun menjadi perokok.

Negara terbanyak kedua pria perokok adalah Rusia dengan jumlah 60 persen, disusul berikutnya oleh China dengan 53 persen, Filipina dengan 48 persen, Vietnam dengan 47 persen, Thailand dengan 46 persen, Malaysia dengan 44 persen, India dengan besar 24 persen, dan rangking sepuluh adalah Brazil dengan 22 persen.

Bagi warga Indonesia tentunya mendengar kabar ini malu, bukan terkenal karena prestasi melainkan karena kebiasaan buruk warganya yang menempati rangking pertama. Bahkan angka 66 persen itu hanya bagi kalangan pria saja, belum lagi wanita. Dalam sebuah hasil survey mengatakan bahwa ada sekitar 90 juta warga Indonesia yang mempunyai kebiasaan merokok baik pria maupun wanita. Angka tersebut akan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Prosentase yang tinggi juga mencerminkan tingginya resiko penyakit yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Kita tahu bahwa merokok sangat merugikan kesehatan terutama paru-paru.

Bukan hanya paru-paru saja, ada banyak resiko penyakit yang bisa disebabkan karena kebiasaan merokok seperti serangan jantung, kanker, stroke, diabetes dan gagal ginjal. Semua penyakit tersebut tergolong mematikan.

Kalau kita membandingkan manfaat dan kerugian dari merokok, maka lebih banyak kerugian dibandingkan manfaatnya. Dalam rokok mengandung 4000 zat kimia yang sangat potensial untuk menimbulkan kanker dalam tubuh kita.

Jika anda saat ini seorang perokok, maka cobalah berfikir jernih tentang dampak buruk dari kebiasaan anda. Yang dirugikan bukan hanya anda saja, tetapi keluarga anda, orang disekitar anda. Mulailah untuk membatasi kebiasaan merokok secara perlahan demi tubuh yang sehat.


Artikel Terkait :
jumlah perokok indonesia, Memprihatinkan Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia, negara tertinggi jumlah perokok, rangking dunia indonesia tentang perokok

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar