Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Orang Yang Gemuk Belum Tentu Identik Dengan Penyakit



Hikmahdanhikmah.com – Selama ini mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa orang yang gemuk identik dengan penyakit. Namun ternyata anggapan ini tidak semuanya benar. Dalam sebuah hasil penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa ada sekitar 50 juta orang yang dinyatakan obesitas namun ternyata cukup sehat.

Penilaian kesehatan yang dilakukan dalam penelitian ini berpatokan pada BMI. Artinya penilaian kesehatan yang berdasarkan pada berat badan seseorang.

Namun menurut A. Janet Tomiyama yang merupakan seorang penulis utama studi yang dipublikasikan dalam Journal of Obesity mengatakan bahwa bukan berarti perhitungan menggunakan patokan BMI menjadi harga mutlak untuk bisa menilai kesehatan seseorang.

Dari hasil studi tersebut para peneliti melakukan analisa yang meliputi tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol. Mereka melakukan analisa dengan melibatkan 40.420 responden yang memiliki berat badan yang bervariasi. Dari jumlah tersebut didapatkan data sebanyak 47,4% termasuk kategori sangat obesitas berdasarkan BMI, sedangkan 29% termasuk kategori gemuk. Dari hasil pemeriksaan tersebut, mereka dinyatakan sehat.

Hasil yang berbanding terbalik didapatkan dari responden yang tergolong memiliki berat badan yang normal menurut BMI. Dari hasil pemeriksaan yang meliputi tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol ternyata 30% responden dinyatakan tidak sehat.

Menurut Tomiyama, penentuan kesehatan berdasarkan BMI hanya menjadi indikator dini untuk bisa menilai kesehatan seseorang. Untuk lebih lanjut butuh pemeriksaan yang lebih lengkap.

Bagi orang yang tergolong dalam kategori ‘overweight’ dan mengikuti sebuah program asuransi, maka pihak perusahaan akan membedakannya. Hal ini menunjukkan ketidak adilan bagi para orang yang tergolong ‘overweight’ menurut BMI mengingat itu buka menjadi patokan utama indikator kesehatan seseorang.

Bagi anda yang saat ini tergolong memiliki berat badan yang berlebih, para ahli sangat menyarankan kepada anda agar tidak fokus dalam menurunkan berat badan saja. Yang harus anda perhatikan adalah berusaha mengatur pola makan sehat dan rajin melakukan olahraga secara teratur.

Kesimpulannya adalah, pemeriksaan kesehatan berdasarkan BMI bukan merupakan acuan utama penentu kesehatan seseorang. Berapapun hasil pemeriksaan anda menggunakan metode BMI, untuk menentukan kesehatan yang valid membutuhkan pemeriksaan kesehatan yang lebih detail.

Artikel Terkait : dampak negatif jika ph tubuh terlalu asam.

Posting Komentar untuk "Ternyata Orang Yang Gemuk Belum Tentu Identik Dengan Penyakit"

banner 800x90