> Ternyata Puasa Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 18, 2021

Ternyata Puasa Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa ternyata puasa menyehatkan jantung dan pembuluh darah kita. Bagi seorang muslim yang menjalankan puasa Ramadhan akan mendapatkan dampak yang positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang dokter penyakit dalam yang bernama dr. Eka Ginanjar Sp.PD.

Secara kesehatan, saat seseorang yang melakukan puasa, maka bisa menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian akan membuat kesehatan sistem kardiovaskuler akan menjadi lebih baik.

Namun menurut para ahli kesehatan, mengingatkan kepada para umat Islam yang menjalankan puasa untuk memperhatikan puasa yang benar sehingga benar-benar berdampak positif bagi kesehatan. Puasa yang benar yang dimaksud adalah melakukan sahur dengan menu sehat yang seimbang tidak berlebihan, serta melakukan berbuka puasa juga dengan menu yang sehat dan tidak berlebihan.

Apabila kita melakukan makan sahur secara berlebihan, maka akan membuat kita cenderung banyak tidur pada siang hari dan terasa malas untuk beraktivitas. Pada saat berbuka puasa mereka juga akan memicu makan secara berlebihan sehingga terasa kekenyangan.

Saat seseorang mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan menyebabkan malas bergerak atau beraktivitas, maka bisa memicu terjadinya plak pada pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, maka akan menghambat aliran darah dalam tubuh. Jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah jantung, maka akan menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Namun jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah otak akan berakibat pada munculnya stroke.

Baca Juga : Bisakah Plak Dalam Darah dihilangkan ?

Maka tidak heran saat bulan Ramadhan berlangsung, maka jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit cenderung menurun. Namun saat Ramadhan berganti menjadi lebaran, maka kunjungan pasien dengan gangguan kesehatan mulai dari peningkatan kadar gula, jantung dan stroke akan meningkat signifikan.

Kondisi ini bisa disebabkan karena saat berpuasa seseorang lebih bisa mengontrol pola makan sehingga tidak berlebihan. Bukan hanya itu saja, saat seseorang berpuasa juga akan menurunkan kadar lemak dan kolesterol yang menjadi pemicu utama berbagai macam penyakit kardiovaskuler.
Selain itu mungkin juga orang merasa malas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan saat bulan Ramadhan karena kondisi puasa. Mereka mungkin memilih setelah lebaran untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.


Artikel Terkait : Apakah Benar Penyakit Jantung Koroner disebabkan Karena Turunan ?

khasiat puasa bagi kesehatan jantung, manfaat puasa bagi kesehatan jantung, manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, Ternyata Puasa Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar