Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagusan Mana Olahraga Sendiri Atau Berkelompok ?



Hikmahdanhikmah.com – Melakukan olahraga memang bisa membuat badan kita lebih sehat. Apalagi jika kita melakukan olahraga secara berkelompok. Meskipun demikian bukan berarti olahraga sendiri kurang memberikan manfaat.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan dalam melakukan olahraga baik sendiri maupun kelompok. Jika kita mau menilai bagusan mana, maka kita harus melihatnya dari banyak aspek.
Berikut kelebihan dan kekurangan olahraga baik sendiri maupun berkelompok :

Dukungan komunitas
Dari segi dukungan kelompok, melakukan olahraga secara berkelompok memiliki banyak manfaat. Kita akan mendapatkan banyak dukungan dari teman-teman kita yang sama-sama melakukan olahraga. Selain itu kita juga bisa lebih fokus pada tujuan olahraga yang dilakukan.

Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan bahwa mereka yang melakukan sebuah program diet secara berkelompok memiliki angka keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan melakukannya sendiri.

Faktor Stres
Bagi anda yang ingin melakukan olahraga untuk membuat anda lebih senang atau terhindar dari stres, maka melakukan olahraga secara berkelompok akan sangat bermanfaat. Saat kita berada dalam kelompok yang sama-sama melakukan olahraga, maka akan ada banyak interaksi antar sesama yang membuat suasana hati kita lebih senang.

Namun ada juga orang yang beranggapan dengan melakukan olahraga secara sendirian baik di dalam ruangan atau alam bebas akan memberikan rasa ketenangan tersendiri bagi mereka.

Semua ini tergantung cara kita menilai. Kalau kita ingin suasana yang tenang, maka kita bisa melakukan olahraga di alam bebas sendirian. Namun jika ternyata anda ingin menghibur hati dengan adanya banyak teman, maka olahraga secara berkelompok bisa menjadi solusi yang tepat.

Motivasi
Mungkin saat ini kita menganggap bahwa melakukan olahraga secara berkelompok akan memberikan banyak dukungan atau motivasi pada kita untuk mencapai tujuan olahraga. Namun ternyata hal itu tidak sepenuhnya terjadi.

Apabila ternyata kita berada dalam kelompok yang mempunyai level dibawah kita, maka potensi motivasi tersebut tidak akan ada. Justru yang ada adalah kita akan semakin lambat dalam mencapai tujuan olahraga.

Motivasi yang tinggi akan bisa kita dapatkan jika kita tergabung bersama kelompok yang mempunyai level lebih tinggi dari kita. Misalnya saja mereka lebih mahir, lebih cepat dan kuat.

Waktu untuk Berpikir
Bagi anda yang tergolong orang yang sangat sibuk, mungkin menganggap waktu 30 menit untuk melakukan olahraga menjadi waktu yang sangat mahal dan harus dilakukan dengan maksimal. Pada kondisi ini biasanya kita akan membutuhkan ketenangan karena seharian sudah disibukkan dengan pekerjaan.

Jika yang anda alami adalah demikian, maka melakukan olahraga sendirian akan bisa memberikan manfaat kesehatan dan ketenangan pada pikiran kita. Meskipun saat kita melakukan olahraga secara berkelompok lebih membuat kita lebih senang, namun biasanya orang yang semacam ini lebih membutuhkan waktu untuk menenangkan pikiran.

Setelah kita membaca informasi diatas, maka semua tergantung pada kebutuhan masing-masing. Apakah anda membutuhkan suasana hati yang lebih ceria dengan berinteraksi dengan orang lain, ataukah hanya membutuhkan ketenangan pikiran dengan melakukan olahraga. Semua tergantung pada selera dan kebutuhan anda masing-masing.

Artikel Terkait : Manfaat Jika Melakukan Olahraga Secara Teratur

Bagusan Mana Olahraga Sendiri Atau Berkelompok, kekurangan melakukan olahraga secara berkelompok, kekurangan melakukan olahraga secara sendirian, kelebihan melakukan olahraga secara berkelompok, kelebihan melakukan olahraga sendirian

Posting Komentar untuk "Bagusan Mana Olahraga Sendiri Atau Berkelompok ?"

banner 800x90